Harapan Wako Payakumbuh dimilad ke-66 Universitas Muhammadiyah Sumbar

id berita payakumbuh,berita sumbar,um

Harapan Wako Payakumbuh dimilad ke-66 Universitas Muhammadiyah Sumbar

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat menandatangani prasasti tanda diresmikannya Kampus IV Fakultas Pertanian UM Sumbar yang ada di daerah tersebut. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Saya berharap kedepannya agar UM Sumbar dapat menjadi universitas yang terus mengembangkan riset-riset yang berguna untuk masyarakat,
Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Riza Falepi berharap momentum Milad ke-66 Universitas Muhammadiyah (UM) Sumbar mendorong kampus tersebut untuk mengembangkan riset di daerahnya yang akan berguna untuk masyarakat.

"Saya berharap kedepannya agar UM Sumbar dapat menjadi universitas yang terus mengembangkan riset-riset yang berguna untuk masyarakat," kata Riza usai menghadiri seremonial Milad ke-66 UM Sumbar yang dilaksanakan di Kampus IV Fakultas Pertanian UM Sumbar di Kota Payakumbuh.

Pada kesempatan itu, Riza Falepi juga meresmikan gedung kampus IV UM Sumbar yang berasal dari dana hibah Pemkot Payakumbuh. Peresmian juga dihadiri oleh anggota DPRD setempat Fraksi PKS Mustafa dan Kadis PUPR Payakumbuh, Muslim.

Ia mengatakan riset yang dikembangkan tidak perlu hal yang sangat besar namun bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti peningkatan dan pengembangan salah satu komoditas pertanian.

"Bisa jadi manggis, pinang, atau kelapa sawit. Tentu kita sadar riset akan memerlukan gedung untuk pengembangannya, UM Sumbar memiliki tanah yang cukup untuk membangun gedung," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh ingin punya banyak excellent center yang salah satu lambangnya adalah perguruan tinggi.

"Karena ini menjadi konsern kita, makanya kami dari Pemkot Payakumbuh memberi dukungan pembangunan gedung kampus IV UM Sumbar. Semoga UM Sumbar bisa tumbuh dan maju, serta memiliki spesialisasi, tidak hanya kemampuan secara general atau umum saja," ungkapnya.

Sementara Rektor UM Sumbar, Dr. Riki Saputra, MA mengharapkan momentum Milad ke-66 ini dapat menjadikan kampusnya terus berbuat tanpa adanya batas-batas.

"Harapan ini sesuai dengan tema Milad ke-66 kali ini yakni Never Ending Achievements. UM Sumbar akan hadir untuk berbuat tanpa batas," katanya didampingi Dekan Fakultas Pertanian UM Sumbar, Rahmawati dan Ketua Pembangunan kampus itu Wendra Yunaldi.

Ia mengharapkan dengan adanya gedung baru Kampus IV Fakultas Pertanian UM Sumbar dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di kampus tersebut sehingga juga memberikan dampak kepada Kota Payakumbuh.

"Dengan adanya universitas atau lembaga pendidikan di Kota Payakumbuh diharapkan tentu dapat menghidupkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk saat ini mahasiswa baru angkatan 2021 di Fakultas Pertanian UM Sumbar berjumlah sekitar 100 orang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya rata-rata 40 sampai 50 orang setiap tahunnya.

"Memang ini jelas didukung dengan akreditasi kampus kita yang sudah bagus. Tahun depan kami menargetkan ada 150 mahasiswa baru untuk Fakultas Pertanian ini," katanya.

Menanggapi keinginan Wali Kota Payakumbuh terkait pengembangan riset, rektor mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan peningkatan-peningkatan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) dosen di kampus tersebut untuk dapat mengembangkan riset.

"Jadi dosen jangan hanya mengajar di kelas saja karena salah satu tugas dosen itu adalah riset. Sehingga kita terus melakukan peningkatan kepada dosen kita," ujarnya.