Kapolda Sumbar sebut gerakan Sumdarsin genjot capaian vaksin

id Polda Sumbar,Padang

Kapolda Sumbar sebut gerakan Sumdarsin genjot capaian vaksin

Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Putra (dua kanan), Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan (kanan), Kapolres AKBP Anggun Cahyono (kiri) maninjau geraksan Sumdarsin, di Haalaman Kantor Bupati Dharmasraya, Minggu (14/11). (Antara/Ilka Jensen)  (Antara/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengemukakan terjadi peningkatan yang signifikan dalam capaian vaksinasi COVID-19 selama gerakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di daerah itu.

"Secara umum terjadi lompatan yang luar biasa, di awal saya menjabat masih di angka 21 persen, hari ini sudah 45 persen," katanya saat menghadiri gebyar gerakan Sumdarsin di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Minggu.

Ia mengatakan sejak dimulainya pelaksanaan gerakan Sumdarsin capaian vaksinasi meningkat sebanyak 24 persen. Hal itu dapat tercapai berkat bekerjasama yang baik antara TNI, pemerintah setempat, dan pihak terkait di Sumbar.

Pihaknya menyakini capain vaksinasi di Sumbar dapat tercapai di angka 98 persen hingga akhir tahun apabila kedala yang akan dihadapi dapat diantisipasi dengan tindakan yang tepat, kata dia.

"Tentunya target ini belum dihitung faktor kendala, seperti faktor cuaca dan sebaran penduduk yang semakin menjauh. Namun, kedua kendala ini sudah kita antisipasi tentang strategi dan cara bertindaknya, dan insyaallah capaian itu dapat terwujud," ungkap dpa.

Ia juga memastikan kinerja kepolisian di jajaran tidak akan turun meski pihaknya saat ini giat turun ke lapangan mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi COVID-19.

"Tidak akan berpengaruh, kami sudah menghitung itu bahwa tugas-tugas rutin kepolisian dan pelayanan tetap dilaksanakan," tambah dia.

Sementara Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan dengan kehadiran Kapolda Sumbar di Dharmasraya menambah energi baru dalam percepatan vaksinasi di daerah itu.

Ia menyampaikan capain vaksinasi di Kabupaten Dharmasraya sudah diangka 51,3 persen untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua sudah 32 persen.

"Dengan capain ini menjadikan Dharmasraya berada pada urutan pertama tingkat kabupaten dalam capaian vaksinasi di Sumbar. Ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama semua pihak," katanya.

Dalam kunjungan tersebut Kapolda didampingi Kapolres Dharmasraya AKBP Anggun Cahyono, Dandim 0310/SSD Lekol Ifn Endik Hendra Sandi, Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto, dan lainnya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021