Yang dilakukan Faperta UM Sumbar hingga wisudawannya siap bersaing di dunia kerja

id berita payakumbuh,berita sumbar,faperta

Yang dilakukan Faperta UM Sumbar hingga wisudawannya siap bersaing di dunia kerja

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Ir. Rahmawati, M.P. berfoto bersama lulusan terbaik Widya Safitri beserta orang tuanya di fakultas tersebut. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Mudah-mudahan nantinya mahasiswa kita yang akan di wisuda ini cepat dapat pekerjaan
Payakumbuh (ANTARA) - Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah (UM) Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) Ir. Rahmawati, M.P. optimis 28 mahasiswanya yang akan di wisuda pada 6 November 2021 dapat bersaing di dunia kerja dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

"Mudah-mudahan nantinya mahasiswa kita yang akan di wisuda ini cepat dapat pekerjaan. InsyaAllah mereka siap bersaing dengan lulusan-lulusan dari perguruan tinggi lainnya," ujar Rahmawati saat kegiatan Yudisium Sarjana Fakultas Pertanian UM Sumbar di Payakumbuh, Senin (11/10).

Ia mengatakan selama perkuliahan UM Sumbar telah dididik atau dilatih untuk bisa masuk ke dunia kerja dan berwirausaha.

Sebab selama perkuliahan mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun juga praktek-praktek yang bisa digunakan seusai menjalani perkuliahan di UM Sumbar.

"Bahkan jika nantinya mereka tidak bekerja dengan perusahaan, PNS atau instansi lainnya, mereka bisa berwirausaha sendiri dan menyediakan lapangan pekerjaan," katanya.

Menurutnya, salah satu yang terpenting untuk calon wisudawan adalah tidak berdiam diri dan mencari aktivitas setelah di wisuda.

"Ijazah ini jadikan saja sebagai tiket yang bisa digunakan kemanapun. Terlebih banyak ilmu yang dipelajari selama perkuliahan yang dapat dimanfaatkan dan modal seusai mereka wisuda," ujarnya.

Kegiatan yudisium tersebut juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Senat Fakultas Pertanian UM Sumbar Ir. Yustitia Akbar. Serta hadir Perwakilan Prodi Agroteknologi Dra. Yunita Sabri, ketua Prodi Agribisnis Husnarti S.P M.Si, dosen-dosen dan tenaga kependidikan.

"Pada wisuda angkatan ke-69 ini kami dari Fakultas Pertanian UM Sumbar, jumlah calon wisudawan kita itu sebanyak 28 mahasiswa dari dua prodi yakni Agroteknologi dan Agribisnis," ungkapnya.

Lulusan terbaik Fakultas Pertanian pada wisuda periode kedua UM Sumbar di 2021 ini adalah Widya Safitri yang mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mencapai 3,95.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan agar para alumni agar dapat menyokong juniornya yang akan di wisuda untuk masuk ke dunia kerja dengan memberikan informasi-informasi lowongan pekerjaan.

"Para alumni kita kan juga tergabung dalam suatu grup dan calon wisudawan kita ini kan akan dimasukkan ke sana, semoga nanti banyak informasi yang akan dibagikan di sana," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021