Mereka yang dikukuhkan menjadi guru besar UNP

id berita padang,berita sumbar,unp

Mereka yang dikukuhkan menjadi guru besar UNP

Tangkapan layar Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D mengukuhkan enam Guru Besar di Padang, Senin. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Yaitu dalam menapaki jalan menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang Insyaallah diperkiraakan bulan Oktober 2021 disahkan oleh Presiden RI melalui Peraturan Pemerintah (PP) tentang Statuta PTNBH UNP,
Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) mengukuhkan enam Guru Besar dalam bentuk sidang terbuka senat yang digelar secara luring dan daring di Padang, Senin.

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D, menyampaikan acara pengukuhan guru besar ini bukanlah hanya sebuah formalitas dari tradisi akademik di sebuah perguruan tinggi, tetapi bagi UNP memberikan makna positif dan penguatan bagi lembaga.

"Yaitu dalam menapaki jalan menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang Insyaallah diperkiraakan bulan Oktober 2021 disahkan oleh Presiden RI melalui Peraturan Pemerintah (PP) tentang Statuta PTNBH UNP," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya pengukuhan Guru Besar ini, juga memberikan kontribusi untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama UNP serta memberi nilai tambah untuk konversi akreditasi UNP menjadi Perguruan Tinggi Unggul di tahun ini.

Keenam orang Guru Besar tersebut berasal dari 2 Fakultas, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yakni Prof. Dr. Yerizon, M.Si (bidang Pendidikan Matematika), Prof. Dr. Abdul Razak, M.Si (bidang Zoologi dan Ekologi Hewan) dan Prof. Dr. Azwir Anhar, M.Si (bidang Ekofisiologi Tanaman).

Sementara dari Fakultas Teknik (FT) adalah Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd (Bidang Pendidikan Fisika), Prof. Ir. Syahril, M.Sc. Ph.D (Bidang Pendidikan Teknologi dan Vokasi, keahlian Manufaktur) dan Prof. Dr. Wakhinuddin Wakhid, M.Pd (Bidang Evaluasi Pembelajaran Teknik).

Dengan bertambahnya 6 orang Guru Besar ini, berarti UNP telah memiliki sebanyak 70 orang Guru Besar.

Pada kegiatan pengukuhan setiap orang guru besar yang meraih gelar profesor tersebut, menyampaikan orasi ilmiah dalam bidang keahliannya masing-masing dan Rektor UNP juga memberikan sambutannya.

Acara ini dihadiri oleh pimpinan universitas dan fakultas, civitas academika dan tentunya keluarga para guru besar yang dihadirkan dengan mengikuti protokol kesehatan COVID-19.