Ade rasakan manfaat program JKN-KIS saat bersalin

id JKN-KIS, biaya bersalin, bpjs cabang solok

Ade rasakan manfaat program JKN-KIS saat bersalin

Ade rasakan manfaat JKN-KIS saat bersalin, karena sangat membantu biaya. (ANTARA/HO-BPJS)

Solok (ANTARA) - Mendapatkan pelayanan yang terbaik saat persalinan adalah impian yang paling didambakan setiap ibu, sama halnya dengan yang dirasakan oleh Ade Wulandari (28) yang tinggal di Jalan Pandan Ujung Kota Solok.

Ade menceritakan disaat persalinan anak pertamanya, ia merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Persalinan merupakan suatu hal baru bagi saya, karena ini anak pertama bagi kami pastinya kami berharap bisa melahirkan di fasilitas kesehatan dengan pelayanan yang nyaman, dan fasilitas yang bagus sehingga proses persalinan ini bisa berjalan dengan lancar," kata Ade tuturnya baru-baru ini.

Melalui pelayanan Program JKN KIS saat pendaftaran persalinan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Klinik bersalin Bidan Roza dipermudah, dan dilayani dengan ramah oleh perawat hingga bidan yang bertugas dipelayanan ibu dan anak ini.

"Bayangkan saja saat mengetahui akan menjalani persalinan, saya diarahkan dan diantarkan langsung keruangan persalinan, dan mendapatkan ruangan persalinan yang nyaman," terang Ade.

Ade juga menuturkan pelayanan disini pun sama saja, tidak ada yang membedakan antara peserta Program JKN-KIS dengan peserta umum.

Pada pelayanan persalinan, ibu muda yang berprofesi sebagai salah satu Tata Usaha di SDN 09 PPA Kota Solok ini, juga menjalani rawat inap selama 2 hari.

"Selama rawat inap, kami merasa senang karena bidan selalu membantu dan memantau perkembangan kesehatan ibu dan bayi, dan bagusnya juga diberikan saran makanan dan minuman yang bagus dikonsumsi untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi, terutama untuk kelancaran ASI," katanya.

Ia juga menambahkan tidak terbayangkan jika ia tidak menggunakan JKN-KIS, maka akan mengeluarkan banyak uang dengan nominal jutaan dan jadwal kontrol yang juga dibatasi.

"Beruntung sekali biaya persalinan ini dibantu oleh JKN-KIS, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi," ucap Ade.

Terkait pelayanan ini, Ade juga menyampaikan semoga nantinya JKN-KIS selalu bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pesertanya, dan selalu meningkat pelayanannya, sehingga semua peserta selalu bisa menikmati seperti dirinya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021