Berkat layanan JKN-KIS kini tak perlu khawatir lagi berobat

id bjps kesehatan, jkn kis,berita padang,berita sumbar,sumbar terkini,padnag terkini,info sumbar

Berkat layanan JKN-KIS kini tak perlu khawatir lagi berobat

Salah seorang peserta dan penerima manfaat JKN-KIS Ary Buthros (29) (Antara/HO-BPJS Kesehatan)

Padang, (ANTARA) - Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Dahulu sebelum adanya Program JKN-KIS, banyak masyarakat yang takut untuk pergi berobat karena biaya pelayanan kesehatan yang cukup tinggi. Namun setelah kehadiran Program JKN-KIS akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan semakin terbuka.

Manfaat dari Program JKN-KIS ini turut dirasakan Ary Buthros (29), warga jalan Pemancungan No. 2, Kelurahan Pasar Gadang Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Menurut Ari ia terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), karena ia bekerja sebagai pegawai di perusahaan swasta Kota Padang. Kini ia merasa telah tertolong dengan adanya program ini, ditambah merasa terlayani dengan baik.

"Sejak diberlakukannya Program JKN-KIS ini, kini masyarakat menjadi tidak takut lagi ketika harus berobat. Jika sudah punya Kartu BPJS (Kartu JKN-KIS) kalau sakit tinggal periksa ke dokter, tidak perlu lagi takut memikirkan biaya. Layanan yang diberikan juga memuaskan," ungkap Ari.

Ia menyebut jika dirinya pernah merasakan langsung manfaat Program JKN-KIS saat istrinya melahirkan putra pertama. Pada tahun 2020, saat itu istrinya melahirkan di Rumah Sakit Umum Bunda BMC Padang.

"Dulu istri saya melahirkan menggunakan JKN – KIS ini, sempat adanya rasa khawatir akan biaya persalinan. Namun setelah mengetahui dan memahami prosedur dan manfaat yang diberikan, hati ini terasa lega. Pengalaman saya menerima manfaat Program JKN – KIS setelah istri saya melahirkan, telah membuka mata saya dan seluruh keluarga saya, manfaat JKN – KIS sangatlah besar. Tidak ada ruginya sama sekali menjadi peserta program ini, malah saya sangat bersyukur. Saya merasakan sendiri, selain terbantu masalah biaya persalinan istri saya, kami juga dilayani dengan sangat baik di rumah sakit,” sebut Ari.

Ari menambahkan, seluruh biaya pelayanan kesehatan sudah ditanggung oleh Program JKN-KIS sesuai prosedur dan tidak kalah pentingnya pelayanan yang diberikan oleh petugas di rumah sakit cepat dan ramah.

“Saya berharap Program JKN – KIS terus dikembangkan dan semakin meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN – KIS. Program JKN – KIS merupakan salah satu program pemerintah yang sangat membantu masyarakat. Apalagi BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN, sekarang adanya fitur chat dengan dokter, ini inovasi yang sangat membantu masyarakat ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini,” ujar Ari.

Ia pun mengajak kepada seluruh peserta JKN – KIS lainnya untuk terus mendukung Program JKN – KIS dengan cara membayar iuran secara rutin dan tepat waktu. Sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat dirasakan terus manfaatnya oleh masyarakat.