Polisi tebar serbuk kayu atasi tumpahan solar di Jalan Padang-Painan

id bbm tumpah,Pertamina,Polresta padang

Polisi tebar serbuk kayu atasi tumpahan solar di Jalan Padang-Painan

Petugas menebar serbuk kayu di lokasi tumpahan minyak di Jalan Padang-Painan, tepatnya di dekat Taman Nirwana Sungai Beremas, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk Begalung, Jumat (23/7). ANTARA/HO-Unit Lakalantas

Padang (ANTARA) - Pihak kepolisan menebarkan serbuk kayu untuk mengatasi tumpahan solar di Jalan Raya Padang-Painan, Sumatera Barat (Sumbar) agar jalan nasional tersebut bisa dilalui kembali.

Tumpahan solar terjadi karena adanya kecelakaan antara truk tangki dengan truk pengangkut alat berat tepatnya di dekat Taman Nirwana Sungai Beremas, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk Begalung pada Jumat sekitar pukul 18.14 WIB.

"Kecelakaan menyebabkan minyak tumpah ke jalan, untuk mengatasinya kami menebar serbuk kayu," kata Kepala Kepolisian Sektor Lubuk Begalung AKP Chairul Amri Nasution, di Padang, Jumat malam.

Menurutnya penggunaan serbuk kayu bertujuan agar jalan yang kena tumpahan minyak tidak licin, sehingga bisa membahayakan pengendara yang melintas.

Ia mengatakan hingga pukul 20.20 WIB pihaknya bersama anggota masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan.

"Setelah serbuk kayu ditebar sekitar pukul 19.30 WIB, kini arus lalu lintas sudah lancar kembali. Baik dari arah Padang maupun dari arah Kabupaten Pesisir Selatan (Painan)," kata mantan Kasatreksrim Polresta Payakumbuh.

Ia mengatakan kecelakaan tersebut memang sempat mengganggu arus lalu lintas di lokasi, namun tidak mengakibatkan putus total. Karena arus masih bisa dilalui satu jalur.

"Personel juga berada di lokasi kejadian untuk mengupayakan arus lalu lintas tidak lumpuh total usai kejadian," katanya.

Ia menyebutkan saat kecelakaan terjadi truk pengangkut BBM datang dari arah Painan menuju Padang, sementara truk pengangkut alat berat datang dari arah Padang menuju Painan.

Sesampainya di lokasi kecelakaan tidak bisa dielakkan, sehingga mengakibatkan minyak yang diangkut truk tangki tumpah ke jalan.

Charul Amri yang akrab disapa Chamri mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, dan pengemudi dilaporkan selamat.

Saat ini kedua kendaraan telah diamankan oleh Unit Laka Satlantas Polresta Padang untuk penyelidikan lebih lanjut.