FMIPA UNP masuk peringkat 5 WBK dari 61 PTN dan LLDIKTI di Indonesia

id berita padang,berita sumbar,unp

FMIPA UNP masuk peringkat 5 WBK dari 61 PTN dan LLDIKTI di Indonesia

Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang di Padang. (Antarasumbar/Humas UNP Padang)

Kita Apresiasi atas capaian dan kerja keras kawan-kawan Tim ZI/ WBK FMIPA, sehingga hasil ini harus bisa ditingkatkan lagi oleh fakultas-fakultas lain di lingkungan UNP,
Padang (ANTARA) - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang dipercaya sebagai pilotting pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) khususnya dalam implementasi program WBK oleh Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil masuk peringkat 5 WBK dari 61 PTN dan LLDIKTI di Indonesia.

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Kamis, menyampaikan apresiasinya atas capaian UNP, khususnya FMIPA dalam penilaian zona Integritas ini.

“Kita Apresiasi atas capaian dan kerja keras kawan-kawan Tim ZI/ WBK FMIPA, sehingga hasil ini harus bisa ditingkatkan lagi oleh fakultas-fakultas lain di lingkungan UNP," ucapnya.

Ia mengharapkan TIM ZI/ WBK FMIPA juga mendampingi fakultas lain dalam melebarkan program ini di UNP untuk tahun berikutnya.

Pemerintah selalu berupaya menekan kasus korupsi, diantaranya melalui ranah birokrasi yang tergolong WBK. Untuk itu UNP sejak 2020 mempercayai FMIPA sebagai pilotting pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) khususnya dalam implementasi program WBK.

Hasil dari implementasi program WBK selama 1 tahun tersebut telah dievaluasi oleh Kemendikbudristek dan telah diumumkan melalui penyampaian hasil penilaian Tim Penilai Internal Pembangunan Zona Integritas 2021 pada 21 Juli 2021.

Dalam laporan tersebut FMIPA UNP meraih nilai 87,58, dan berada di bawah Fakultas Teknik UGM (90,72), Fakultas Keagamaan Islam Universitas Trunodjoyo (90,68), Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (90,15) dan LL2Dikti XIII Aceh.

Dekan FMIPA UNP, Dr. Yulkifli, M.Si yang didampingi oleh Ketua Tim ZI/ WBK Alizar, M.Sc, Ph.D, mengucapkan rasa syukurnya atas capaian tersebut.

“Alhamdulillah, hasil implementasi WBK di FMIPA membawa progres dan secara poin kita masuk 5 besar nasional, terimakasih atas kerja sama dan semangat Tim WBK, sehingga kegiatan ini banyak membawa perubahan sistem dan tranparansi layanan," ujar dia.

Selanjutnya setelah FMIPA UNP sukses menjalankan amanahnya sebagai pilotting implementasi ZI/ WBK di UNP, maka kegiatan akan digulirkan ke fakultas lain, yang dipandang sudah menjalankannya.

Secara kelembagaan universitas, UNP sudah melaksanakan kegiatan RB sejak 2017, dan dalam area peningkatan kualitas layanan akademik telah meraih prestasi nasional sebagai Perguruan Tinggi Informatif di Indonesia bersama ITB, IPB, Unbraw, UGM dan UNP pada 2019.