Pemkab Pessel himbau warga jangan menyebar informasi hoax

id berita sumbar,Emirda Ziswati,berita pessel,berita painan

Pemkab Pessel himbau warga jangan menyebar informasi hoax

Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati. (Antarasumbar/HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Painan (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Pesisir selatan dihimbau untuk tidak menyebar informasi bohong atau hoax, agar tidak menimbulkan keresahan dan ketidaknyamanan di masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Pj Sekretaris kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati, Senin (28/6) di Painan.

Ia juga mengajak masyarakatnya untuk tidak mudah percaya dengan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya, serta juga tidak menyebarkan informasi atau berita bohong.

"Saya ingatkan kepada masyarakat apapun bentuk informasi yang diterima baik dari lingkungan maupun dari media sosial, harus disaring dengan memperhatikan sumber keakuratannya. Sekali-kali jangan menyebar informasi yang tidak jelas kebenarannya atau hoax," ingatnya.

Sebab penyebaran informasi bohong sangat memberikan dampak terhadap kenyamanan masyarakat, serta juga memperkeruh suasana yang pada akhirnya membuat kecemasan warga semakin tinggi.

"Bila ada informasi yang masuk, serahkan semuanya ke aparat penegak hukum. Sebab mereka akan berupaya memastikan negara dan masyarakat selalu dalam keadaan aman," ujarnya.

Selain itu ia juga mengajak semua tokoh masyarakat dan orang tua berperan lebih ekstra lagi mengawasi lingkungan dan pergaulan anak-anaknya.

Sebab kecanggihan teknologi informasi saat ini, membuat anak-anak sangat mudah mengakses berbagai informasi, dan tidak menutup kemungkinan informasi yang mereka dapatkan berkaitan dengan terorisme dan radikalisme.

"Minimal satu kali dalam sehari anak-anak diajak berbicara seputar kegiatannya. Sehingga diketahui seperti apa kepribadian si anak agar sebagai orang tua tidak sampai kecolongan," sarannya.

Dikatakan juga bahwa Pemkab Pessel melalui kerjasama pihak Kepolisian dan TNI juga terus berupaya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat selama pandemi Covid-19.