Wabup Padang Pariaman harapkan penilaian Nagari III Koto Aua Malintang menang di perlombaan tingkat Sumbar

id berita padang pariaman,berita sumbar,nagari

Wabup Padang Pariaman harapkan penilaian Nagari III Koto Aua Malintang menang di perlombaan tingkat Sumbar

Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang saat penilaian Nagari III Koto Aur Malintang sebagai nagari berprestasi tingkat Sumbar, Rabu. (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Padang Pariaman)

Kami berharap kepada tim penilai sudah sepatutnya nagari III Koto Aur Malintang ini menjadi wakil provinsi Sumatera Barat pada tingkat regional nantinya,
Parit Malintang (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman, Rahmang mengharapkan penilaian Nagari III Koto Aua Malintang, Kecamatan IV Koto Aua Malintang menang diperlombaan nagari dan kelurahan berprestasi tingkat Sumatera Barat (Sumbar).

"Perlombaan tingkat provinsi ini penting dalam rangka menilai keberhasilan pembangunan nagari yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan dalam bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan," kata dia di Parit Malintang, Rabu.

Ia menyebutkan nagari III Koto Aur Malintang adalah salah satu nagari terbaik dari 103 nagari yang ada di Padang Pariaman.

Nagari Aur Malintang sudah banyak mengukir prestasi di tingkat kabupaten dan provinsi salah satunya menjadi lembaga publik paling informatif tingkat Sumatera Barat 2020.

"Kami berharap kepada tim penilai sudah sepatutnya nagari III Koto Aur Malintang ini menjadi wakil provinsi Sumatera Barat pada tingkat regional nantinya," ujarnya.

Acara juga dihadiri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Padang Pariaman (DPMD) Erman, Ketua Pembina PKK Kabupaten Padang Pariaman, Yusrita dan Ketua GOW Kabupaten Padang Pariaman, Yusneli serta anggota DPRD kabupaten Padang Pariaman, Camat dan Wali Nagari.

Dalam perlombaan yang diikuti 14 kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat ini, Nagari III Koto Aur Malintang menjadi satu-satunya nagari yang mewakili Kabupaten Padang Pariaman dalam perlombaan nagari dan kelurahan berprestasi Sumatera Barat 2021.

Sementara Kepala tim penilai provinsi Sumatera Barat, Syafrizal mengatakan ada tujuh jenis penilaian yang akan dilakukan yakninya, bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi masyarakat penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, bidang PKK, bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat.

"Hari ini kami melakukan penilaian di Nagari III Koto Aua Malintang, tentunya kami akan sangat variatif dalam melakukan penilaian, tapi salah satu yang menentukan adalah bagaimana penanganan COVID-19 yang ada di nagari tersebut," ujarnya

Lanjutnya dan beberapa penilaian lainnya yang juga tentunya menentukan hasil dari penilaian nantinya dan pihaknya juga melakukan peninjauan langsung ke lapangan.

Daftar kabupaten atau kota yang mengikuti perlombaan nagari berprestasi Sumatera Barat 2021, yaitu Padang Pariaman, Agam, Kota Sawahlunto.

Kemudian Dharmasraya, Padang Panjang, Bukittingi, Pasaman Barat, Pesisir Selatan.