Tiga rumah di Pesisir Selatan hanyut akibat banjir

id banjir pessel, berita painan, berita sumbar

Tiga rumah di Pesisir Selatan hanyut akibat banjir

Banjir akibat meluapnya sungai Batang Tapan. ((Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan))

Painan (ANTARA) - Tiga unit rumah di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat hanyut akibat banjir yang terjadi karena meluapnya sungai Batang Tapan, Selasa (12/5) sore.

"Selain menghanyutkan tiga unit rumah, tiga unit rumah lainnya juga rusak berat, serta merendam 1.024 rumah, dan 11 fasilitas umum," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Budiarto di Painan, Rabu.

Ia menjelaskan, banjir melanda empat nagari (desa) di kecamatan setempat, yakni Nagari Binjai Tapan, Kampung Tengah Tapan, Talang Balirik, dan Limau Purut.

"Dari empat nagari yang dilanda banjir, dua berstatus sangat terdampak yakni Talang Balarik, Dan Limau Purut," katanya.

Ia menyebut, usai menerima laporan terjadinya banjir Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di Pos Painan, dan Tapan langsung diturunkan.

Sejak sore hingga malam hari TRC yang berjumlah 12 personel bersama pihak kecamatan, dan masyarakat nagari melakukan evakuasi korban banjir.

"Evakuasi warga dilakukan dengan menggunakan dua buah perahu karet," kata dia.

Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan merupakan salah satu kawasan di Pesisir Selatan yang kerap dilanda banjir, terutama ketika terjadinya hujan dengan intensitas tinggi, hal itu terjadi karena sungai Batang Tapan tidak mampu menampung debit air.

Sebelumnya pada Selasa, 30 Maret 2021, banjir juga terjadi di kecamatan setempat, akibatnya sebanyak 901 unit terendam, dengan rincian 612 unit rumah di Kampung Tengah Tapan, 183 unit rumah di Binjai Tapan, 63 unit rumah di Talang Balarik Tapan, serta di Limau Purut Tapan sebanyak 43 unit rumah.

Pemkab Pesisir Selatan telah mengusulkan normalisasi sungai guna meminimalkan banjir melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.