Danlantamal II Padang targetkan Sumbar berprestasi di bidang olahrga perairan

id Bukittinggi, Sumbar, Danlantamal

Danlantamal II Padang targetkan Sumbar berprestasi di bidang olahrga perairan

Danlantamal II Padang Laksamana Hargianto bertemu Wali Kota Bukittinggi Erman Safar (ANTARA/ HO-Humas Pemkot Bukittinggi)

Bukittinggi, (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama Hargianto menargetkan Sumatera Barat mampu berprestasi di bidang olahraga perairan dalam beberapa waktu mendatang karena daerah ini memiliki luas laut yang cukup besar.

"Selama ini pada olahraga perairan Sumbar tidak pernah masuk 10 besar dan ini harus ditingkatkan," kata dia saat bertemu Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Balaikota Bukittinggi, Sabtu.

Menurutnya salah satu upaya meningkatkan olahraga perairan di Sumatera Barat dengan membentuk maritim "sport and tourism center" di Padang.

Menurut dia dengan adanya pusat latihan olahraga air di Sumbar dapat mendukung masyarakat khususnya generasi muda.

"Sebagai sarana dan prasarana ajang prestasi sekaligus membangkitkan gairah kemaritiman," kata dia.

Sumbar memiliki potensi wisata laut seperti selam, surving, snorkeling dan perlu dipersiapkan untuk wisatawan lokal dan internasional yang sekaligus dapat mengaktifkan ekonomi masyarakat pesisir.

Selain itu Danlanamal II Padang Laksamana Hargianto yang merupakan merupakan putra Cingkariang Kabupaten Agam dan alumni dari SMA Negeri 3 Bukittinggi serta lulusan Akabri 1987.

Ia mengatakan akan melakukan kunjungan ke seluruh kabupaten kota di Sumatera Barat untuk memperkuat sinergi dengan kepala daerah.

Menurut dia tugas angkatan laut itu selain menjaga kedaulatan juga menjaga keamanan di laut, saya membawahi wilayah kerja dengan luas 176.700 km2 yang terdiri dari perairan laut Sumatera Barat, perairan Provinsi Bengkulu dan sebagian perairan provinsi Sumatera Utara yakni Lanal Nias dan Lanal Sibolga.

Dirinya juga memperkenalkan tentang keberadaan Lantamal II Padang dan menjelaskan tugas pokok dan fungsi daripada Lantamal serta memaparkan potensi kemaritiman yang dimiliki yang mesti dijaga dengan baik dan dipergunakan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengucapkan terima kasih atas kunjungan silahturrahmi yang dilakukan oleh Danlantamal II beserta rombongan di Kota Bukittinggi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Danlantamal beserta rombongan guna menjalin hubungan sinergitas dan kerjasama yang baik," kata Erman Safar.

Pemkot Bukittinggi menurutnya mendapatkan informasi yang banyak tentang lantamal dan potensi kemaritiman yang dimiliki Sumbar.

"Kami berada di darat dengan 950 meter diatas permukaan laut, kami berharap acara akbar dari Lantamal kiranya untuk bisa dilaksanakan di Bukittinggi nantinya,” kata dia.