Imigrasi Padang perluas jangkauan "Eazy Pasport" ke sebelas daerah

id Imigrasi, padang, sumbar

Imigrasi Padang perluas jangkauan "Eazy Pasport" ke sebelas daerah

Pelayanan pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang. (ANTARA/FathulAbdi)

Padang, (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memperluas jangkauan pelayanan pembuatan paspor komunal atau "Eazy Pasport" ke sebelas daerah yang masuk dalam wilayah kerjanya selain Kota Padang.

"Kami terus berusaha memperluas jangkauan program "Eazy Pasport" ke daerah-daerah, karena sejauh ini pengaksesnya masih berasal dari Kota Padang," kata Kasubsi Informasi dan Komunikasi Yulindo Danu Saputra, di Padang, Minggu.

Ia merinci daerah yang akan dijangkau selain Padang adalah Kota Pariaman, Solok, dan Sawahlunto.

Kemudian Kabupaten Padangpariaman, Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai, Solok, Sijunjung, Dharmasraya dan Solok Selatan.

"Seluruh daerah tersebut masuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Padang," jelasnya.

Perluasan jangkauan "Eazy Pasport" bertujuan agar program Ditjen Keimigrasian Kemenkumham RI itu juga dapat diakses secara luas oleh masyarakat di luar Padang.

"Selain memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat, sosialisasi yang kami lakukan diharapkan mampu mendongkrak angka pembuatan pasport yang masih lesu di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Lindo memaparkan sepanjang 2021 ada dua instansi di Padang yang telah membuat pasport melalui "Eazy Pasport" yaitu satu dari instansi pemerintahan, dan satu lagi perusahaan swasta.

Layanan Eazy Pasport merupakan program pelayanan pembuatan paspor secara kolektif yang dilaksanakan di luar kantor imigrasi.

Pemohon cukup membuat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi berikut lampiran nama-nama calon pembuat pasport dengan catatan tidak kurang dari 20 orang.

Jika permohonan telah disetujui maka petugas Imigrasi yang akan mendatangi lokasi pemohon, baik di perkantoran, sekolah, kampus, perusahaan ataupun perumahan.