Pemkab Pessel fokus tingkatkan program KB

id berita sumbar,berita pessel,berita painan

Pemkab Pessel fokus tingkatkan program KB

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pesisir Selatan Wendi. (ANTARA/ist)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tengah fokus meningkatkan peserta program Keluarga Berencana (KB) untuk pembangunan keluarga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pesisir Selatan Wendi di Painan, Rabu (24/3) mengatakan untuk meningkatkan program KB, pihaknya terus membina kader KB dan kampung KB.

"Dari 81 ribu pasangan usia subur (PUS), Pesisir Selatan berhasil menggaet 63 ribu akseptor aktif," ujar dia.

Untuk meningkatkan peserta baru KB, maka diminta jajaran Kabid P2KB, PKB/PLKB, Kader KB yang ada di nagari sebanyak 182 orang dan kader pembantu yang berjumlah 480 orang yang ada disetiap kampung agar melaksanakan fungsinya dengan maksimal.

Saat ini di seluruh kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan sudah berdiri Kantor BPKB lengkap dengan sarana dan prasarana pendukung.

Sementara itu, jumlah Pelaksana Lapangan KB sebanyak 51 orang yang melayani 15 kecamatan. Dari luas wilayah PKB/PLKB mereka bertugas pada areal 100 kilometer persegi, sehingga jumlahnya terasa sangat kurang.

"Petugas PNS KB kami sejauh ini juga masih sangat minim, namun tetap memiliki spirit yang kuat untuk merealisasi program KB, dan kegiatan itu terus dipacu," tuturnya.

Menurut dia dibutuhkan peran dan fungsi dari segenap elmen masyarakat serta stakeholder lainnya dalam pembangunan keluarga melalui peningkatan peserta baru KB.

Pihaknya terus mendorong semua elemen yang ada agar berperan mewujudkan pembangunan keluarga.