Rektor UNP paparkan tantangan dan peluang lulusan saat pandemi

id universitas negeri padang,ganefri,pandemi covid-19

Rektor UNP paparkan tantangan dan peluang lulusan saat pandemi

Rektor UNP Prof Ganefri memindahkan tali toga wisudawati pada hari kedua pelaksanaan wisuda ke 122 UNP di Padang, Jumat. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri, Ph.D memaparkan tantangan dan peluang lulusan perguruan tinggi di tengah pandemi COVID-19 pada kegiatan wisuda UNP ke-122 dengan jumlah lulusan 2.256 orang.

"Menjadi lulusan perguruan tinggi pada masa pandemi COVID-19 mempunyai tantangan tersendiri, namun jangan berkecil hati," katanya di hari kedua wisuda UNP yang berlangsung selama tiga hari di Padang, Jumat.

Ia mengatakan melalui bekal yang diperoleh selama menempuh pendidikan, diharapkan wisudawan bisa sukses di bidang yang menjadi fokusnya.

Ia mengatakan lulusan perguruan tinggi yang mencari kerja di masa pandemi akan menghadapi persaingan dua kali lipat karena berdasarkan data, jumlah PHK dan yang dirumahkan mencapai 3,05 juta orang per Juni 2020.

Meski demikian, bukan berarti peluang kerja bagi lulusan baru benar-benar tertutup, karena permintaan tenaga kerja dengan keahlian tertentu justru meningkat.

"Ditambah lagi peluang untuk membangun berbagai jenis usaha kreatif juga terbuka lebar," kata Rektor.

Menurut dia membangun usaha yang sukses tidak harus dimulai dengan modal yang besar.

Selama pandemi banyak wirausaha baru bermunculan yang bahkan dikelola hanya dengan gadget dan ternyata mampu membantu masyarakat.

Karena itu, ia mengajak wisudawan bisa membangun peluang wirausaha baru dengan menggabungkan ilmu selama kuliah dengan perkembangan teknologi.

Di masa pandemi, mereka yang mampu bertahan bahkan mencapai sukses adalah yang jeli melihat peluang, mau beradaptasi, serta memiliki ide-ide yang kreatif dan inovatif.

Kemudian, untuk mampu bersaing, lulusan harus mampu menggali kreativitas, memiliki pandangan maju ke depan dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan domestik dan global.

Pada hari kedua wisuda itu terdapat sebanyak 696 wisudawan yang terdiri dari tamatan program D III 28 orang, program SI dan D IV Kependidikan 521 orang, dan Non Kependidikan 147 orang.