Warga Pekanbaru antusias saksikan penampilan kesenian Minangkabau khas Pariaman

id Pariaman,Sumbar,Padang,berita minang,berita sumbar

Warga Pekanbaru antusias saksikan penampilan kesenian Minangkabau khas Pariaman

Pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan di Pekanbaru, Riau terlihat antusias menyaksikan tari tabuik yang ditampilkan oleh Pemkot Pariaman,  Sumbar pada Pekan Pariwisata Pekanbaru-Pariaman (P4) atau Pameran Budaya, Pariwisata,  dan Bisnis 2021 di Pekanbaru. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Warga Kota Pekanbaru, Riau yang mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan moderen antusias menyaksikan sejumlah penampilan kesenian Minangkabau khas Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) pada Pekan Pariwisata Pekanbaru-Pariaman (P4).

"Hari ini Pariaman diberikan kesempatan satu jam untuk menampilkan kesenian khas Pariaman," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono saat P4 atau Pameran Budaya, Pariwisata, dan Bisnis 2021 di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan dalam rentang waktu tersebut Pemkot Pariaman menampilkan sejumlah kesenian yaitu Tari Pasambahan, Tari Tabuik, lagu bertema Pariaman, dan sejumlah tari lainnya.

Dari penampilan tersebut terlihat warga Pekanbaru yang mengunjungi pusat perbelanjaan itu menyempatkan diri menyaksikannya dan mengabadikannya dengan kamera telepon pintar masing-masing.

Marhen mengatakan pada kesempatan tersebut juga ditampilkan kolaborasi tari antara Pariaman dengan Pekanbaru.

"Ini baru kami buat kemarin. Ini merupakan kejutan untuk tamu undangan dan pengunjung di sini," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut pada dasarnya untuk mempromosikan pariwisata di Kota Pariaman kepada warga Pekanbaru serta perantau Minang yang berada di daerah itu.

"Jadi kunjungan wisatawan luar Sumbar yang mengunjungi Pariaman terbanyak itu dari Pekanbaru," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan terkait dengan keindahan alam serta obek wisata unik yang ada di Kota Pariaman yaitu di antaranya objek wisata pulau, Sekolah Tinggi Ilmu Beruk, penangkaran penyu, dan taman edukasi trak mangrove.

Ia menambahkan kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Pemkot Pariaman dengan Pemkot Pekanbaru yang hal tersebut merupakan instruksi pemerintah pusat agar beradaptasi, berkolaborasi serta berinovasi untuk memajukan pariwisata di masa pandemi.