Kwarcab Padang Panjang gelar diksarpramuka peduli

id Pramuka, diksar, padang panjang, basarnas

Kwarcab Padang Panjang gelar diksarpramuka peduli

Sebanyak 14 anggota pramuka tingkat penegak mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diksar) Pramuka Peduli angkatan 1, Minggu (21/2). (Antara/HO)

Padang Panjang (ANTARA) - Sebanyak 14 anggota pramuka tingkat penegak mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diksar) Pramuka Peduli angkatan 1, Minggu (21/2). Bertempat di Puncak Silaiang Indah, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Para peserta terdiri dari penegak (siswa-siswi SLTA, MA dan Pesantren) se-Kota Padang Panjang yang sebagian mereka sudah tergabung dalam Satgas Pramuka Peduli.

Ketua Kwartir Cabang Padang Panjang, Dr. Novi Hendri, SE, M.Si mengatakan, Diksar ini merupakan wahana pembelajaran bagi anggota muda dan anggota dewasa yang nantinya akan dapat membantu pemerintah dan masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Diksar ini dilakukan guna pembentukan karakter anggota Pramuka yang mandiri dan berjiwa peduli terhadap sesama. Serta siap berpartisipasi dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Para peserta Diksar, kata Novi lagi, akan dididik dan dilatih persiapan camping ground, survival di alam terbuka, dan memanfaatkan alam untuk menjadi ilmu bagi mereka.

“Termasuk juga beberapa kegiatan simulasi-simulasi penanggulangan bencana," jelasnya.

Sebelumnya, para peserta berjalan kaki sepanjang kurang lebih 3,5 km dari Kantor Kwarcab hingga ke Puncak Silaiang Indah. Mereka membawa perbekalan sendiri.

Kegiatan ini juga diisi berbagai materi indoor dan outdoor yang dibawakan oleh tim dari basarnas, potensi sar padang panjang dan purna pramuka padang panjang
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar