Peringati HPN 2021, Balai Wartawan Luak Limopuluah lakukan ziarah ke makam wartawan

id berita payakumbuh,berita sumbar,pers

Peringati HPN 2021, Balai Wartawan Luak Limopuluah lakukan ziarah ke makam wartawan

Kegiatan ziarah dan tabur bunga yang dilakukan oleh Balai Wartawan Luak Limopuluah. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Berdasarkan data yang dikumpulkan tim survei BW ada sekitar 20 makam senior wartawan yang akan kita datangi. Selain tabur bunga, juga dilakukan bersih-bersih makam,
Payakumbuh (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Balai Wartawan (BW) Luak Limopoluah yang menaungi pekerja media di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat melakukan ziarah dan tabur bunga ke sejumlah makam wartawan.

Koordinator BW Luak Limopuluah, Afridel Ilham di Payakumbuh, Selasa, mengatakan kegiatan itu untuk mengenang kiprahnya sebagai jurnalis.

"Berdasarkan data yang dikumpulkan tim survei BW ada sekitar 20 makam senior wartawan yang akan kita datangi. Selain tabur bunga, juga dilakukan bersih-bersih makam," kata dia.

Ia mengatakan melalui kegiatan di HPN 2021 ini, para wartawan diharapkan mampu menjalankan tugas sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang harus jadi panduan bagi setiap wartawan dalam menjalankan tugas peliputan. Serta para wartawan BW Luak Limopuluah juga bisa terus meningkatkan kemampuan demi menjalan fungsi Pers.

"Wartawan itu harus bekerja dengan nurani dan selalu berpijak dengan KEJ. Para senior yang makamnya didatangi hari ini (Selasa, 9/2) sudah membuktikan integritasnya sebagai wartawan," ujarnya.

Tidak kalah penting, persatuan diantara sesama pekerja media yang bertugas di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota harus selalu dijaga demi kemajuan bersama.

Pada kesempatan itu, Afridel juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah jadi donatur, diantaranya OPD Pemko Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan pihak-pihak swasta lainnya.

Selain melakukan ziarah dan tabur bunga di makam para wartawan senior, anggota BW Luak Limopuluah juga melakukan pembagian hand sanitizer kepada pengguna jalan di Tugu Adipura, Kota Payakumbuh.

"Karena ini masa pandemi COVID-19, kita BW Luak Limopuluah juga ingin berkontribusi terhadap masyarakat," katanya.

Salah seorang pihak keluarga wartawan yang dikunjungi makamnya, Rino mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh BW Luak Limopuluah.

"Kami dari keluarga jelas terharu dengan kegiatan ini, setidaknya apa yang sebelumnya telah dilakukan oleh ayah kami terus dikenang oleh orang banyak khususnya teman-teman yang seprofesi saat ini," ujarnya.

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya, sehingga komunikasi antara pihak keluarga dan BW Luak Limopuluah terus berlanjut.