UNP ikuti program Permata Sari mulai semester Januari-Juni 2021

id UNP, permata sari, Kemensikbud,dikti

UNP ikuti program Permata Sari mulai semester Januari-Juni 2021

Rektor UNP Prof. Ganefri (Antara/HO-Humasunp)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti program Perkuliahan Mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit Semester (Permata Sari) yang tergabung dengan PTN yang berada pada kelompok BKS PTN Wilayah Barat pada semester Januari-Juni 2021.

"Program ini sebagai wujud implementasi Gerakan Kampus Merdeka dan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) institusi," Kata Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D dalam rapat MPU pada 21 Januari 2021 di Padang.

Ia mengatakan sampai 21 Januari 2021 sudah terdaftar sebanyak 133 orang mahasiswa dari luar UNP yang akan kuliah pada 10 mata kuliah yang telah ditetapkan.

Selanjutnya mahasiswa UNP akan mengambil mata kuliah pada 33 Perguruan Tinggi (PT) yang ada di wilayah Barat Indonesia.

Program Permata Sari bersifat gratis. Berbeda dengan program sebelumnya yang bernama Permata Hati yang langsung dikelola oleh Dikti.

Program Permata Sari diikuti 33 PT di wilayah Barat dan ditambah dengan UPI Bandung yang akan ikut bergabung ke wilayah Barat. Sistem aplikasi Program Permata Sari dibangun oleh Tim IT Universitas Syiahkuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Sebelumnya UNP telah mengikuti Program Permata Sakti, program ini dikelola oleh Dikti dan mahasiswa diberi bantuan dana.

Rektor berharap Prodi dan dosen menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi perkuliahan di Program Permata Sari seperti Silabus, RPS, Bahan Ajar, media pembelajaran dan soal evaluasi, karena program ini akan dilaporkan ke Kemendikbud tiap semesternya.