Bupati Pesisir Selatan luncurkan batik motif COVID-19 (Video)

id berita pesisir selatan,berita sumbar,batik

Bupati Pesisir Selatan luncurkan batik motif COVID-19 (Video)

Rangkaian peluncuran batik bermotif COVID-19 di Pesisir Selatan. (antarasumbar/Didi Someldi Putra)

Batik Korona ini motifnya unik, dan keunikannya akan "dijual" ke wisatawan sebagai oleh-oleh,
Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meluncurkan batik bermotif COVID-19 sebagai salah satu batik varian baru yang disaksikan sejumlah pejabat daerah setempat, termasuk perajin yang membuat batik, Dewi Hapsari Kurniasih.

"Batik COVID-19 atau juga yang dipopulerkan dengan nama Batik Korona akan menambah koleksi motif batik di Pesisir Selatan," kata Hendrajoni disela peluncuran di Painan, Selasa.

Ia menambahkan, kedepan Batik Korona akan disandingkan dengan kepopuleran objek wisata di daerah setempat dengan menjadikannya sebagai buah tangan.

"Batik Korona ini motifnya unik, dan keunikannya akan "dijual" ke wisatawan sebagai oleh-oleh," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni mengungkap bahwa dunia perbatikan di daerah setempat tengah berkembang sejak empat tahun terakhir.

Ia melanjutkan, pada tiga kecamatan dari 15 kecamatan yang ada sudah terdapat rumah produksi batik, yakni Bayang Utara, IV Jurai, dan Lunang.

"Lebih dari 150 perajin aktif memproduksi batik di tiga kecamatan itu, dan kami terus mendorong agar mereka terus berkarya," katanya.

Sementara perajin pembuat motif Korona, Dewi Hapsari Kurniasih, mengatakan, motif Korona tersebut ia sempurnakan ketika ia menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

Kesibukannya membuat batik dimaksud untuk menghilangkan rasa jenuh selama menjalani isolasi, sekaligus sebagai cara untuk memotivasi diri agar segera cepat pulih.

Melalui Batik Korona, Dewi mengisyaratkan pesan ke seluruh masyarakat, agar bersama-sama melawan COVID-19, mereka yang terpapar dan para penyintas mesti bangkit, warna kinclong di motif batik merupakan simbol semangat untuk semua.