Animo pelanggan PLN Sumbar meningkat ikut program RDM

id berita padang,berita sumbar,pln

Animo pelanggan PLN Sumbar meningkat ikut program RDM

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto (kanan) menyerahkan secara simbolis hadiah umroh untuk pelanggan yang meraih hadiah program RDM tahun 2020. (antarasumbar/Istimewa)

Program RDM tahun ini diluncurkan mulai pada awal April 2020 hingga 10 Desember 2020,
Padang (ANTARA) - PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat setiap tahun animo masyarakat terus menunjukan peningkatan mengkuti program Rezeki listrik Dunsanak Minang (RDM), terbukti pada 2020 jumlah mencapai 1,127 juta dari 1,5 juta lebih pelanggan di provinsi itu.

Program RDM yang dimulai sejak 2018 dengan jumlah 480 ribu pelanggan yang ikut, pada 2019 tercatat 700 ribu pelanggan, kata General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto saat sambutan dalam pengundian Program RDM tahun 2020 secara virtual di Padang, Kamis.

Bambang menjelaskan, program RDM merupakan progrm unggulan bagi PLN UIW Sumbar yang sudah tahun ketiga dilaksanakan.

Secara teknisnya program RDM adalah pelanggan pasca bayar yang melakukan pembayaran rutin atau disiplin setiap awal bulan atau sebelum tanggal 10 setiap bulannya, maka akan mendapatkan kupon untuk ikut diundi pada akhir program.

Begitu pula dengan pelanggan pra bayar yang bisa ikut undian, apabila melakukan pembelian token di atas 200 ribu pada awal pemakaian dapat satu kupon.

"Program RDM tahun ini diluncurkan mulai pada awal April 2020 hingga 10 Desember 2020. Pada hari ini ditentukan para pemenangnya dalam pengundian yang melibatkan pihak Dinas Sosial, Kepolisian dan Notaris," ujarnya.

Hadiah, kata dia juga terjadi peningkatan pada tahun ketiga ini dibandingkan sebelumnya, yakni hadiah utama tiga paket umroh untuk pemenang. Sedangkan hadiah lainnya, ada hadiah menarik lainnya tiga sepeda motor listrik, tiga unit kulkas, tiga unit TV 43inc, tiga unit mesin cuci, tiga unit AC, 10 unit kompor induksi, 10 unit dispenser, 10 unit air fryer, 10 unit cofee maket.

Bambang mengatakan, program RDM merupakan bentuk stimulus sehingga bisa menjadi daya dorong kepada pelanggan yang disiplin dalam membayar tagihan lebih awal.

Sebab, PLN UIW Sumbar pendapatannya bersumber dari tagihan pelanggan sehingga dibutuhkan kesadaran untuk melakukan pembayaran kewajiban tepat waktu.

"Kami terus berupaya berbuat yang terbaik dengan menjaga mutu dan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan, makanya selalu siaga termasuk disaat pandemi COVID-19," katanya.

Kebutuhan pasokan listrik yang andal saat pandemi COVID-19, menurut dia begitu dibutuhkan karena situasi yang membuat masyarakat banyak beraktivitas di rumah. Hal inilah yang selalu dijaga agar tidak ada gangguan yang berarti supaya membuat masyarakat nyaman.

Bambang mengatakan, semoga program RDM masih bisa dilanjutkan pada tahun depan, karena dapat menjadi edukasi kepada masyarakat agar terbiasa bayar tagihan tepat waktu.

"Terima kasih kepada pemangku kepentingan di Sumbar yang telah dan terus mendukung program-program PLN sehingga semuanya bisa berjalan lancar" ujarnya.

Sementara itu, EVP Operasi Regional Sumatera PLN Supriyadi dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi program RDM digagas PLN UIW Sumbar, karena telah menggugah kesadaran pelanggan untuk bayar tagihan tepat waktu.

Hadiah yang diraih pelanggan, semoga bisa bermanfaat dan mendatangkan berkah bagi semua, dan terima kasih pada para pihak di Sumbar yang selalu mendukung program-program PLN.

Ia mengatakan, di tengan pandemi COVID-19, PLN terus berinovasi, termasuk memberikan kemudahan dalam pelayanan pembayaran oleh pelannggan.

Kini pelanggan tidak mesti mendatangi loket-loket pembayaran dan cukup di rumah saja karena bisa bayar tagihan secara online, baik mobil banking, e-commerce dan lainnya.

"Rencananya PLN akan meluncurkan aplikasi new pln mobile pada 18 Desember 2020. Pelanggan bisa download atau install di PlayStor nantinya karena fitur-fiturnya lengkap, termasuk bisa laporan gangguan pelanggan dan lainnya," katanya.

Gubernur Sumbar dalam sambutan pembukaan undian program RDM PLN diwakili Kepala Dinas ESDM Sumbar, Herry Martinus menyampaikan terima kasih terhadap komitmen manajemen PLN, khusus di Sumbar yang telah mendukung dengan penuh pelaksanaan MTQ Nasional yang baru-baru ini dilaksanakan.

Terkait dengan program RDM yang sudah memasuki tahun ketiga, menurut dia patut untuk diapresiasi karena telah mendorong partisipasi pelanggan bayar tagihan awal bulan.

"Kami atas nama Pemprov Sumbar mengajak masyarakat untuk disiplin bayar tagihan listrik agar selalu tersedia pasokan yang andal," imbaunya.

Pemprov Sumbar juga mengajak masyarakat untuk berimigrasi pada penggunaan kompor injeksi atau kompor listrik karena multi manfaatnya.

"Menggunakan kompos induksi terjadi efesiensi sekitar 67 persen biaya dibandingkan dengan kompor gas. Ramah lingkungan, aman dan minim risiko," katanya sembari membuka kegiatan pengundian program RDP PLN UIW Sumbar secara virtual.

Hasil pengundian diumumkan pelanggan jadi pemenang utama untuk tiga paket umroh, yakni atas nama Drs. Lainin DT Lanso dengan nomor IDPEL.132362815271 dari ULP Pakumbuh. Yesi Yursil dengan IDPEL.131023663036 dari ULP Tabing, Padang dan Rika kurnia Wati dengan IDPEL.133332788000 dari ULP Sawahlunto.

Kategori hadiah sepeda motor listrik diraih oleh, Syafrizal T dengan IDPEL.133103041401 dari ULP Sijunjung, Dhany Asmady dengan IDPEL.131035511844 dari ULP Indarung dan Supardi DT Reno S BA dengan nomor IDPEL.132300081971 dari ULP Payakumbuh.***1***