Kemarin, harga emas tergelincir hingga pembangunan food estate

id emas,padi,subsidi upah,bromo,food estate

Kemarin, harga emas tergelincir hingga pembangunan food estate

Karyawan menunjukan emas batangan yang dijual di Butik Emas Antam, Kebon Sirih, Jakarta. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (12/9) kemarin, mulai harga emas berjangka yang jatuh hingga pembangunan proyek lumbung pangan atau food estate yang diharapkan dapat dimulai pada awal tahun depan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Harga emas jatuh setelah naik 3 hari beruntun karena minim stimulus

Harga emas berjangka tergelincir pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena aksi ambil untung setelah menguat tiga hari berturut-turut di tengah kurangnya stimulus lebih lanjut dari Bank Sentral Eropa (ECB) dan pemerintah AS, tetapi masih didukung kekhawatiran atas pemulihan ekonomi.

Kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi COMEX New York Mercantile Exchange, jatuh 16,4 dolar AS atau 0,83 persen menjadi ditutup pada 1.947,90 dolar AS per ounce. Sehari sebelumnya, Kamis (10/9/2020), emas berjangka naik 9,4 dolar AS atau 0,48 persen menjadi 1.964,30 dolar AS.

Baca selengkapnya di sini

2. Berharap bantuan, 800 hektare lahan padi di Bekasi terancam kekeringan

Sebanyak 800 hektare lahan padi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terancam kekeringan jika musim kemarau masih berlanjut hingga beberapa bulan ke depan.

"800 hektare lahan pertanian yang sudah ditanam padi itu tersebar di sejumlah wilayah kami," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Nayu Kulsum di Cikarang, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

3. Kemenko: Pemerintah telah salurkan subsidi upah senilai Rp5,84 triliun

Pemerintah hingga saat ini sudah menyalurkan subsidi upah sebesar Rp5,84 triliun dengan jumlah penerima mencapai 4,87 juta orang atau mencapai 89,45 persen dari target 5,5 juta pekerja dalam dua gelombang.

"Bantuan subsidi upah akan terus dilanjutkan hingga tahun 2021," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

4. Pengelola wisata Bromo-Tengger-Semeru tambah kuota kunjungan wisatawan

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memutuskan untuk menambah kuota wisatawan ke kawasan Gunung Bromo, di Jawa Timur, menjadi 40 persen dari total kapasitas daya tampung.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB-TNBTS Sarif Hidayat mengatakan jumlah kuota wisatawan ke Gunung Bromo akan ditambah menjadi 1.265 orang per hari, pada Senin (14/9).

Baca selengkapnya di sini

5. Mentan pastikan "food estate" di Humbang Hasundutan segera dimulai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebutkan pengembangan proyek lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatra Utara, akan dimulai seluas 1.000 hektare pada tahap awal di tahun 2020 ini.

Mentan saat mengunjungi kawasan lahan food estate di Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara, Sabtu, menjelaskan lokasi tersebut akan menjadi percontohan pengembangan lumbung pangan berbasis hortikultura, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Baca selengkapnya di sini