Pemerintah nagari agar gali potensi objek wisata di daerahnya

id berita agam,berita sumbar,objek wisata, pemerintah nagari

Pemerintah nagari agar gali potensi objek wisata di daerahnya

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Subchan saat silaturahmi dengan pengurus PWI setempat, Selasa (21/7). (antarasumbar/Istimewa)

Gali seluruh potensi objek wisata yang ada mulai dari minat bakat, keindahan alam dan lainnya,
Kabupaten Agam (ANTARA) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Sumatera Barat meminta pemerintah nagari atau kepala desa adat untuk menggali potensi objek wisata di daerah mereka dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.


"Gali seluruh potensi objek wisata yang ada mulai dari minat bakat, keindahan alam dan lainnya," kata Sekretaris Dinas Periwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Subchan di Lubukbasung, Selasa.

Ia menambahkan pemerintah nagari bisa mengembangkan objek wisata itu dengan dana desa.

Setelah itu, lanjutnya nagari membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan objek wisata tersebut.

Disparpora Agam siap memberikan pembinaan kepada Pokdarwis agar objek wisata berkembang dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Subchan memberikan apresiasi program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat dalam menggali potensi objek wisata di nagari.

Program itu sangat membantu pemerintah setempat, karena keberadaan objek wisata itu bisa diketahui masyarakat luas.

Ketua PWI Agam, Mursyidi menambahkan lembaga itu telah menjalankan program untuk menggali potensi semenjak satu bulan lalu.

Potensi objek wisata yang ditemukan itu langsung diekspos di masing-masing media anggota PWI dan akan dibukukan.

"Kita turun ke nagari untuk mencari objek wisata setiap Sabtu dan kita bekerjasama dengan wali jorong, wali nagari dan pemerintah setempat," katanya. (*)