Normal baru, Objek wisata Danau Talang diserbu warga

id Solok, wisata, pandemi, berita padang, sumbar

Normal baru, Objek wisata Danau Talang diserbu warga

Ratusan pengunjung saat memadati kawasan objek wisata Danau Talang, Minggu sore (ANTARA/ Tri Asmaini)

Arosuka (ANTARA) - Objek wisata Danau Talang, Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat mulai ramai dikunjungi masyarakat pada Minggu setelah dua minggu baru dibuka setelah libur lebaran.

"Sudah dua minggu objek wisata Danau Talang ini dibuka dan baru saat akhir pekan ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi sejak tepian danau diperlebar oleh Wali Nagari disini," kata salah seorang pedagang, Imai di Danau Talang, Minggu.

Ia menjelaskan pihaknya baru dua minggu berjualan sejak adanya pandemi COVID-19 yang menutup kedainya selama lebih dari dua bulan. Kalau Sabtu-Minggu, wisatawan bisa mencapai lima ratusan orang lebih dalam sehari.

Menurutnya, sudah sekitar dua bulan lebih tepian danau telah diperlebar wali nagari setempat yang memang akan dialokasikan sebagai tempat libur saat wisata lebaran 1441 Hijriah kemarin.

"Tapi karena pandemi COVID-19, objek wisata Danau Talang telah ditutup berbulan-bulan hingga baru dibuka seminggu setelah lebaran," sebutnya.

Menurut dia pemandangan Danau Talang memanjakan mata, dengan pepohonan rindang disekeliling danau. Airnya yang begitu hijau pekat sangat kontras dengan langit yang membiru.

Perkebunan sayur seperti seledri, bawang prei, dan kubis terlihat sepanjang jalan menuju danau tersebut.

Selain pemandangan danau, pihak pengelola menyediakan kapal bagi pengunjung yang ingin berkeliling melihat Danau Talang dari dekat.

Salah satu pengunjung dari Padang, Iwan (45) mengatakan pemandangan Danau Talang sangat bagus dan alami, apalagi jika ada pohon-pohon rindang atau gazebo-gazebo tempat duduk.

"Tapi saat ini, belum adanya sarana prasarana seperti gazebo dan toilet. Jadi wisatawan sulit jika harus buang air kecil atau besar," ujarnya.

Pihaknya mengunjungi Danau Talang bersama komunitas Max biker dengan jumlah peserta sekitar 100 orang lebih menggunakan sepeda motor.

"Saya sudah lama tahu ada Danau Talang. Tapi, baru sekali ini kunjungan dengan turing bersama komunitas motor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Nasripul Romika mengatakan objek wisata Danau Talang dikelola oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) yang dipimpin Nazaruddin.

Menurutnya, Ketua BUMNag dan perangkatnya diundang untuk sosialiasi pembukaan kembali wisata sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19 beberapa waktu lalu.

"Jadi, petugas wisata menggunakamthermogun memeriksa suhu tubuh pengunjung yang masuk dan memastikan mereka memakai masker," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar