Sebulan nihil, kasus baru positif COVID-19 di Bukittinggi bertambah empat orang

id kasus baru positif COVID-19 di Bukittinggi,Bukittinggi,berita Bukittinggi,Bukittinggi terkini,pasien positif COVID-19,berita sumbar,sumbar terkini

Sebulan nihil, kasus baru positif COVID-19 di Bukittinggi bertambah empat orang

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias (kiri) didampingi Waki Wali Kota Irwandi. (foto istimewa)

Bukittinggi, (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat M Ramlan Nurmatias mengumumkan empat kasus baru warga daerah itu positif terjangkit coronavirus disease (COVID-19) setelah satu bulan lamanya tanpa ada tambahan kasus.

"Kamis malam (7/5) ada tambahan satu kasus dan sebelumnya masih di hari yang sama juga ada tiga kasus baru warga kita positif COVID-19," katanya di Bukittinggi, Jumat.

Satu kasus merupakan warga Kelurahan Manggis Gantiang usia 23 tahun yang baru pulang dari Jakarta pada 24 April 2020 karena cuti kuliah.

Baca juga: Dua petugas RSAM Bukittinggi positif COVID-19, ini riwayat kontaknya

Warga tersebut, ujarnya bersikap kooperatif karena sepulang dari Jakarta langsung melakukan karantina mandiri di rumahnya, serta melaporkan kondisinya ke Puskesmas terdekat.

"Baru tadi malam pukul 23.30 WIB kami terima hasil pemeriksaan swab beliau dan dinyatakan positif COVID-19, sudah langsung kami bawa ke RSAM Bukittinggi," katanya.

Tiga kasus lainnya yang diketahui pada sore harinya yaitu dua orang tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Baso, Kabupaten Agam dan satu orang tenaga penunjang yang bertugas di RSAM Bukittinggi.

Baca juga: Pulang dari Bukittinggi, seorang pedagang asal Payakumbuh positif COVID-19

Setelah tambahan kasus baru itu, Ramlan mengatakan pemerintah secepatnya melacak riwayat kontak dari pasien positif COVID-19 dan mengambil sampel cairan hidung atau tenggorokan.

"Total ada sekitar 60 orang. Kami di Dinas Kesehatan sudah dapat izin mengambil sampel cairan hidung dan tenggorokan atau lakukan swab jadi hari ini bisa lakukan agar penanganan bisa lebih cepat," terangnya.

Dengan tambahan kasus tersebut, di Bukittinggi tercatat 10 warga positif COVID-19 dengan rincian lima orang sudah dinyatakan sembuh, satu meninggal dunia dan empat orang positif dalam penanganan.

Pemerintah setempat sebelumnya mengumumkan kasus pertama positif COVID-19 pada 26 Maret 2020 dan kasus terakhir pada 8 April 2020. (*)

Baca juga: Hendak pulang kampung ke beberapa daerah di Sumbar, 101 TKI dari Malaysia dicegat masuk Bukittinggi