PAN Sumbar ikuti Rakernas secara virtual yang raih rekor MURI

id PAN, Sumbar, Rakernas, Daring

PAN Sumbar ikuti Rakernas secara virtual yang raih rekor MURI

Sekretaris DPW PAN Sumatera Barat Indra Dt Rajo Lelo (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I tahun 2020 secara online dengan aplikasi Zoom meeting dan langsung diganjar penghargaan oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai partai politik pertama yang menggelar rapat kerja nasional secara daring.

Sekretaris DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo di Padang, Selasa mengatakan Rakernas tersebut menjadi yang pertama digelar secara online atau dalam jaringan di tanah air imj.

Ia mengatakan dalam rapat tersebut dibahas berbagai isu strategis internal dan eksternal dan internal partai.

Menurut Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat langkah penggunaan pertemuan virtual tersebut karena Indonesia masih berjuang memberantas pandemi Corona Virus Disease atau COVID-19 dan mematuhi kebijakan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Ada tiga agenda dalam Rakernas, pertama, menjabarkan hasil kongres dalam bentuk program kerja pemenangan pemilu.

"Kedua, merumuskan dan menetapkan kebijakan partai dalam setahun sebagai bagian dari penjabaran hasil kongres

Ketiga menetapkan perubahan Peraturan Partai (PP) antara lain PP tentang Perkaderan, PP tentang Permusyawaratan di Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting, PP tentang Hubungan Partai dengan Kader di Lembaga Legislatif dan Eksekutif, PP tentang Pengelolaan Aset Partai, PP tentang Rencana Program Pemenangan Pemilu 2024, dan PP tentang Mahkamah Partai.

Sementara itu jumlah peserta dan peninjau Rakernas I PAN berjumlah 645 yang terdiri dari unsur DPP, termasuk Dewan Penasihat, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, dan Mahkamah Partai berjumlah 63 orang.

"Peserta dari unsur DPW (ketua dan sekretaris) berjumlah 68 orang; peninjau dari unsur DPD (ketua) berjumlah 514 orang, termasuk mengundang para pendiri dan tokoh senior PAN," katanya.

Rakernas I PAN itu akan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifi Hasan dan sambutan dari Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN Hatta Rajasa serta dari Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN Soetrisno Bachir.