Bupati Solok: Garabak Data belum teraliri listrik

id PLN, listrik desa, garabak data, solok, upl, sumbar

Bupati Solok: Garabak Data belum teraliri listrik

Peserta video conference interaktif pada peresmian pembangunan listrik desa oleh PLN Sumbar. (Ist)

Padang (ANTARA) - Bupati Solok Gusmal menyampaikan ke pihak PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat hanya Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah yang hingga kini belum teraliri jaringan listrik.

Hal ini disampaikan Bupati Solok pada peresmian Pembangunan Listrik Desa di sembilan nagari dan desa melalui video conference interaktif digelar oleh PLN UIW Sumbar, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Gusmal berharap kepada pihak PLN Sumbar pada tahun ini bisa program listrik desa untuk Garabak Data Tigo Lurah, agar masyarakat menikmati pula penerangan.

Pihaknya, tambah dia, akan mendukung dalam upaya merealisasikan program jaringan listrik ke permukiman penduduk yang masih terisolir tersebut.

"Kami memang sudah berkoordinasi dengan PLN UP3 Solok, sudah adw program masuk jaringan tahun ini, semoga saja dapat terealisasi,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gusmal mengatakan akses jalan yang layak menuju Garabak Data belum ada. Namun, tahun ini sudah ada alokasi anggaran untuk pembukaan jalan tersebut.

General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto menyatakan bahwa PLN akan tetap melaksanakan tugas seperti biasanya tanpa terhalang situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Situasi pandemi Covid-19 tidak menghalangi kami menuntaskan kewajiban. Kami telah diberikan amanah oleh negara untuk melistriki seluruh pelosok tanah air," tuturnya.

Oleh karenanya itu, usaha dalam melistriki ini akan terus berlanjut hingga seluruh lapisan masyarakat bisa mendapatkan listrik yang prima, tegas Bambang.

Peresmian listrik desa ini melibatkan Dinas ESDM Sumbar yang diwakili oleh Helmi Heriyanto Kabid Energi dan Ketenagalistrikan, Bupati Solok H. Gusmal, S.E., M.M, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, S.E., M.M.

Bupati Limapuluh Kota Ir. Irfendi Arbi, M.P, Bupati Agam Dr. Ir. H. Indra Catri, MSP, perwakilan dari Kabupaten Pesisir Selatan, Executive Vice President Perencanaan Regional Sumatera Budi Pangestu, General Manager PLN UIW Sumbar dan para pimpinan UP3 dan ULP PLN di Sumbar.

Kesembilan desa yang diresmikan dalam program listrik desa tersebut antara lain, Desa Tiku Limo Jorong (Agam), Manggopoh (Agam),Tanjung Balik Sumiso (Solok), Malakopak (Kepulauan Mentawai), Bulasat (Kepulauan Mentawai), Surian (Solok), Inderapura (Pesisir Selatan), Sungai Naniang dan Andiang (Limapuluh Kota).