Hari jadi lembaga ke-12, Bawaslu Payakumbuh gelar kegiatan sosial

id bawaslu payakumbuh

Hari jadi lembaga ke-12, Bawaslu Payakumbuh gelar kegiatan sosial

Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota dalam perayaan hari jadi ke-12 lembaga tersebut. (ANTARA/Akmal Saputra)

​​​​​​​Sarilamak (ANTARA) - Selain perayaan sederhana dan terbatas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat juga melaksanakan berbagai kegiatan sosial seperti donor darah dan pembagian sembako.

Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota Yoriza Asra di Sarilamak, Kamis, mengatakan perayaan hari jadi Bawaslu tahun ini memang dilaksanakan dengan sederhana dan hanya dihadiri komisioner Bawaslu dan beberapa orang lainnya.

"Pelaksanaan sederhana ini sesuai dengan Surat Ketua Bawaslu Nomor: 0075/K.Bawaslu/PR.00/IV/2020. Dalam surat tersebut, Bawaslu diwajibkan mempertimbangkan situasi di samping ikut berkontribusi terhadap kondisi negara akibat pandemi COVID-19," ujarnya.

Meski dilaksanakan secara sederhana, pihaknya tetap melakukan beberapa kegiatan sosial mulai dari do'a bersama, donor darah, hingga pembagian sembako kepada warga kurang mampu.

"Kita melakukan ini untuk membantu pemerintah melakukan ikhtiar melawan COVID-19 dan juga sekaitan hari jadi lembaga Bawaslu ke-12 tahun 2020 ini. Kita tadi juga melakukan doa bersama dan pemotongan tumpeng," sebutnya.

Untuk kegiatan donor darah, pihaknya bekerja sama dengan RSUD Ahmad Darwis Suliki. Donor darah sukarela itu diikuti jajaran Bawaslu dengan batas maksimal 10 orang.

Setelah itu, Bawaslu juga memberikan paket sembako bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak secara sosial. Bantuan paket sembako, diserahkan langsung para komisioner Bawaslu kepada masyarakat terdampak, setelah berkoordinasi dengan pemerintah nagari setempat.

"Melalui momentum hari jadi Bawaslu ke 12, sebagai lembaga yang berfungsi mengawal demokrasi di Indonesia, Bawaslu ingin menunjukan empati terhadap situasi dan kondisi bangsa saat ini. Minimal, kita melakukan ikhtiar membantu pemerintah, mengatasi kesulitan-kesulitan sosial yang sedang di hadapi," ujar Yoriza.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota Ismet Aljannata mengatakan sebagai pengawal demokrasi Bawaslu dibentuk oleh negara secara konstitusional.

"Jadi, sebagai lembaga negara kita punya tanggung jawab lain pada bangsa ini. Minimal sesuai kemampuan, Bawaslu ikut andil meringankan beban masyarakat secara sosial - kemanusiaan," kata dia didampingi Komisioner Bawaslu lainnya Zumaira.