Antisipasi penyebaran Covid-19, Wako Payakumbuh instruksikan belajar di rumah

id Pemkot Payakumbuh,berita Payakumbuh,Payakumbuh terkini,liburkan sekolah,berita sumbar

Antisipasi penyebaran Covid-19, Wako Payakumbuh instruksikan belajar di rumah

Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menginstruksikan siswa dari seluruh tingkatan sekolah untuk belajar di rumah guna mengantisipasi penyebaran virus corona di daerah itu.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan instruksi Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi itu dengan nomor 01/Instruksi/WK-PYK-2020.

Instruksi ini dikeluarkan setelah dilakukan rapat dengan Dinas Pendidikan Sumbar Wilayah IV, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, dan Kemenag Payakumbuh.

"Jadi saat ini resmi proses pembelajaran di rumah mulai diterapkan bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA selama 14 hari, terhitung Kamis (19/3) sampai Rabu (1/4)," kata dia.

Ia menyebutkan bahwa guru memberi tugas sesuai program pembelajaran dan ujian nasional tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Bagi siswa yang telah ke sekolah pada Kamis (19/3), pihaknya telah meminta seluruh sekolah untuk segera memulangkan anak.

"Kendati belajar di rumah, anak-anak usia sekolah dilarang berada di keramaian atau di fasilitas umum, kalau kedapatan maka akan ditindak Satpol PP, kecuali ada hal-hal yang sangat penting," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya juga telah mengimbau seluruh warga Kota Payakumbuh untuk menghindari keramaian.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion mengimbau seluruh orang tua dan wali murid agar ikut mengawasi, memantau dan mendampingi peserta didik selama kegiatan belajar di rumah dilaksanakan.

"Kita tekankan, selama belajar di rumah, anak-anak dilarang ngumpul-ngumpul di keramaian dan beraktivitas di luar, jangan sampai dianggap ini liburan, kita sedang perang dengan Covid-19," kata dia. (*)