Jelang HUT ke 107 KabupatenSolok, ini berbagai even yang digelar

id Nasripul Romika,kabupaten solok,berita solok,solok terkini,berita sumbar

Jelang HUT ke 107 KabupatenSolok, ini berbagai even yang digelar

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Nasripul Romika. (Antara sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan menggelar berbagai even menjelang HUT ke 107 daerah setempat pada April 2020, salah satunya makan bersama bareh (beras) Solok dalam 1001 arak bajamba (arak-arakan sebelum makan bersama).

"Kegiatan ini akan masuk dalam rangkaian Festival Lima Danau yang akan dihelat pada April 2020," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Nasripul Romika di Arosuka, Senin.

Ia menjelaskan nantinya dalam Festival Lima Danau juga akan digelar acara di setiap danau di Kabupaten Solok.

Pembukaan Festival Lima Danau diadakan pada 1 April 2020 dengan kegiatan makan bareh (beras) Solok dalam 1001 arak bajamba (makan bersama) di lapangan kampus UMMY Solok, Koto Baru.

Pada arak-arakan nanti, peserta merupakan utusan Ibu-Ibu dari nagari se-Kabupaten Solok dan OPD terkait yang akan membawa jamba (makanan).

Nantinya juga akan ada penampilan lagu Bareh Solok dengan menggunakan 1.000 alat talempong pacik (alat musik tradisional) yang akan dimainkan oleh Wali Nagari, Camat dan lainnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengukuhan dan pelantikan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) tingkat kecamatan se-Kabupaten Solok.

Rencananya pada 2 April 2020, pihaknya akan mengadakan eksibisi paralayang, babiduak-biduak (bersampan-sampan), Lake Singkarak Gowes 2020 di Danau Singkarak.

Ia mengharapkan partisipasi masyarakat sekitar danau untuk memeriahkan dan mengikuti langsung acara tersebut.

Kemudian pada 3 April 2020 diadakan lomba memancing di Danau Tuo, Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak.

Lalu 4 April 2020 akan digelar trail advanture di Danau Talang, Kecamatan Danau Kembar.

Selanjutnya pada 5 April 2020 akan digelar festival makanan khas anak nagari di Danau Kembar, Kecamatan Lembah Gumanti.

Ia berharap rangkaian acara tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Solok sehingga selain menikmati alam yang indah mereka juga dapat menyaksikan berbagai even dan festival adat budaya Solok. (*)