Rayakan Dies Natalis 47, Rektor sebut ITP mitra nagari

id Institut Teknologi Padang,Dies Natalis ITP,ITP Mitra Nagari

Rayakan Dies Natalis 47, Rektor sebut ITP mitra nagari

Rektor ITP, Ir. Hendri Nofrianto menandatangani MoU denga perwakilan nagari disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd, (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Rektor Institut Teknologi Padang (ITP) Hendri Nofrianto menyebut ITP adalah mitra nagari dalam pemanfaatan dan pengembangan teknologi tepat guna bagi masyarakat.

"Hari ini dapat kami sampaikan bahwa ITP adalah mitra nagari dengan dibuktikannya penandatanganan MoU dengan 10 nagari yang ada di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan dan pemerintah Kabupaten Tanah Datar," kata Hendri dalam sambutannya pada rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis 47 ITP di Padang, Jumat.

Ia mengatakan tagline ITP mitra nagari adalah wujud nyata dan kepedulian ITP dalam membangun dan mengembangkan penelitian yang dapat mengangkat segala potensi nagari atau daerah ke kancah nasional dan internasional.

Ia mengungkapkan bukti kepedulian tersebut adalah, saat ini ITP sedang membuat mesin pengelolaan air bersih yang pendanaannya diambil dari dana pengabdian masyarakat ITP.

"Saat ini kami sedang buat 10 mesin pengelolaan air bersih yang airnya bisa langsung diminum. Mesin ini diperuntukan bagi 10 nagari di Kecamatan Pancung Soal," katanya.
Perwakilan nagari melihat dan mencoba langsung mesin pengelolaan air bersih yang dibuat oleh dosen ITP (ANTARA/HO)


Hendri juga mengatakan pihaknya saat ini juga diminta oleh konsultan nagari untuk bisa membantu dalam hal ketersediaan signal bagi daerah yang belum dapat sejauh ini.

Selain itu, ia menambahkan setiap momentum ulang tahun, ITP selalu berupaya merayakan dengan sikap reflektif, melihat kekurangan,kelebihan, dan memperbaiki kekurangan tersebut.

Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP) Zulfa Eff Uli Ras menjelaskan bahwa sesuai dengan road map ITP 2020-2040, ITP mencanangkan visi yaitu 'Menuju World Class University 2040'. Untuk mewujudkan visi tersebut, road map tersebut telah disusun menjadi 4 milestone.

Lebih lanjut, Zulfa mengatakan pihaknya juga berupaya meningkatkan kemampuan dosen, penelitian dan peningkatan fasilitas pelayanan serta penambahan gedung belajar di Aie pacah.

"Hal ini adalah bagian dari upaya kami agar lembaga ini bisa menjadi salah satu perguruan tinggi bertaraf internasional dalam bidang teknologi," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar