Pesisir Selatan kembali raih SAKIP B

id hendrajoni, SAKIP B,MenPAN RB

Pesisir Selatan kembali raih SAKIP B

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama sejumlah pejabat berfoto usai menerima penilaian SAKIP 2019. (ANTARA / istimewa)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, kembali meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 dengan predikat B dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biokrasi RI.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biokrasi, Tjahjo Kumolo di Radisson Golf Covention Centre Batam, Selasa (10/2).

"Alhamdulillah untuk ketiga kalinya Pesisir Selatan memperoleh nilai SAKIP B," kata Hendrajoni dihubungi di Painan.

Menurutnya secara kuantitatif perolehan nilai akuntabilitas Pesisir Selatan, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 nilai SAKIP sebesar 62,59 dan tahun 2019 naik menjadi 65,78.

Ia menyebut penghargaan merupakan hasil kerja keras semua pihak. Selain itu, nilai SAKIP juga merupakan bukti bahwa pemerintahan saat ini sudah semakin baik.

“Saya mengapresiasi kinerja perangkat daerah yang bersama-sama mewujudkan visi dan misi pemkab. Kedepan kita berharap nilai ini bisa ditingkatkan," ujarnya.

Sementara tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat nilai BB, naik dari tahun 2019 yang hanya meraih nilai B.

"Ya, target kita tahun 2020 ini, nilai SAKIP naik menjadi BB dari tahun 2019 yang hanya nilai B," tambah Hendrajoni.

Sementara itu Kepala Bapedalitbang Pesisir Selatan, Yozki Wandri, menyebutkan, untuk mewujudkan aparatur yang bersih, akuntabel, dengan kinerja yang efektif dan efisien, maka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan evaluasi.

Evaluasi tersebut diantaranya, penerapan Reformasi Birokrasi (RB) dan evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar