Kemendikbud nyatakan mulai 2020 tidak ada lagi USBN jenjang SD

id Ujian sekolah berstandar Nasional diserahkan pada sekolah, usbn diserahkan pada sekolah, USBN,Mendikbud Nadiem Makarim

Kemendikbud nyatakan mulai 2020 tidak ada lagi USBN jenjang SD

Sejumlah siswa korban bencana gempa dan likuefaksi mengerjakan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Sekolah Darurat SDN Transisi Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (22/4/2019). Meski minim fasilitas, pelaksanaan USBN oleh sekolah yang bangunannya hilang akibat bencana gempa dan likuefaksi pada 28 September 2018 itu berjalan lancar dan digelar hingga 24 April 2019. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/pras.. (ANTARA FOTO/MOHAMAD HAMZAH)

Jakarta, (ANTARA) - Kepala Seksi Pembelajaran Subdit Kurikulum Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Setiawan mengatakan mulai tahun 2020 tidak ada lagi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang sekolah dasar (SD).

"Mulai tahun 2020 ini untuk tingkat SD tidak ada lagi USBN, namun mengacu pada Permendikbud 43/2019 maka ujian untuk tingkat satuan pendidikan diserahkan pada sekolah masing-masing," katanyadi Jakarta, Kamis.

Dia berharap semua SD yang memiliki jumlah sekitar 140.805 sekolah dapat menyelenggarakan USBN secara mandiri.

Setiawan menambahkan Kemendikbud tidak membuat kebijakan apapun terkait penyelenggaraan USBN.

USBN yang diselenggarakan oleh pihak sekolah merupakan salah satu poin "Merdeka Belajar" yang dicanangkan MendikbudNadiem Makarim.

"Semuanya diserahkan sekolah, sekolah yangmemiliki kewenangan untuk menilai siswanya," katanya.

Ia mengatakan ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan merupakan penilaian hasil belajar yang bertujuan untuk menilai pencapaian

standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Bentuk ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dapat berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan satuan pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Mulai tahun ini, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menghapus Prosedur Operasional Standar (POS) USBN. Hal itu dikarenakan kewenangan USBN diserahkan ke sekolah atau dengan kata lain sekolah harus membuat soalnya sendiri. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar