Mengagumkan, Kampung pro iklim Limau Gadang Lumpo jadi rujukan

id TNkS,Kampung Pro Iklim,Limau Gadang Lumpo

Mengagumkan, Kampung pro iklim Limau Gadang Lumpo jadi rujukan

Tim dari Dinas Lingkungan Hidup Prabumulih disambut di Limau Gadang Lumpo. (ANTARA/HO-TNKS)

Painan (ANTARA) - Kampung pro iklim 2019, Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadi rujukan bagi sejumlah pejabat asal Kota Prabumulih, Sumatera Selatan dalam mewujudkan kampung serupa di daerahnya.

"Ya kemarin, Kamis (16/1), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prabumulih bersama tim berkunjung ke Limau Gadang Lumpo untuk belajar banyak hal," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan, Trisno Jumsu di Painan, Sabtu.

Dalam kunjungan tersebut, pejabat dari Prabumulih aktif menjalin komunikasi dengan komunitas pecinta alam, dan juga tokoh masyarakat guna mendapat berbagai rujukan.

"Dalam kesempatan tersebut tim juga menjajal berbagai wahana air dan mereka terlihat begitu menikmatinya," katanya lagi.

Selain berkunjung ke Limau Gadang Lumpo, tim secara intens juga menggali berbagai informasi seputar pengelolaan lingkungan hidup di Pesisir Selatan, mulai dari pengelolaan sampah, mewujudkan sekolah adiwiyata dan lain sebagainya.

Kepala Bidang Taman Nasional Kerinci Sebalat (TNKS) Wilayah II Sumatera Barat, Yunaidi melalui Polisi Kehutanan instansi tersebut, Rika Putra Abbas menyebutkan, kampung pro iklim Limau Gadang Lumpo merupakan sebuah nagari yang berbatasan langsung dengan TNKS.

"Saat ini ekowisata di Limau Gadang Lumpo berkembang dengan pesat, berbagai kemajuan yang dicapai tidak bisa dilepaskan dari dorongan Bupati Pesisir Selatan hingga kemauan keras seluruh dari berbagai elemen masyarakat," sebutnya.

Ia menjelaskan, di awal Oktober 2019 Nagari Limau Gadang Lumpo menerima penghargaan sebagai kampung pro iklim utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta.

Penghargaan diberikan karena di Limau Gadang Lumpo telah dilakukan upaya-upaya dan gerakan-gerakan nyata dalam upaya pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas.

Salah satu kegiatannya, kata dia ialah ekowisata yang mendapat pembinaan langsung dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan dan TNKS Wilayah II Sumatera Barat.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar