PNM Gandeng BTN Dorong Industri Modal Ventura

id PNM Gandeng BTN Dorong Industri Modal Ventura

Jakarta, (ANTARA) - PNM Venture Capital, anak perusahaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero), menggandeng PT Bank Tabungan Negara Tbk guna mendorong industri modal ventura yang dinilai mulai menjadi perhatian pemerintah.

"Kami ingin ikut mendorong pertumbuhan industri modal ventura di Indonesia yang saat ini mulai mendapat perhatian dari pemerintah," kata Direktur Utama PNM VC Iwan Ridwan di Jakarta, Senin.

Dia juga mengatakan pengelolaan dana dan fasilitas kredit dari BTN akan digunakan untuk mendanai anak usaha PNM VC. Selain itu, dana perbankan juga digunakan untuk kredit perumahan bagi karyawan perseroan.

"Ini pertama kalinya PNM VC mendapat persetujuan prinsip pendanaan dari perbankan," ujar dia.

Iwan berharap kerja sama dengan BTN menjadi momentum untuk memperluas pembiayaan pendanaan perseroan di masa mendatang.

Hal itu dipicu optimisme perseroan terhadap prospek industri modal ventura yang tetap cerah di Indonesia.

Perseroan menargetkan penyaluran dana pembiayaan tumbuh sekitar 60 persen dari Rp50 miliar pada 2012 menjadi sekitar Rp80 miliar pada tahun depan.

Meski demikian, Iwan mengaku, secara akumulasi perseroan merealisasikan penyaluran pembiayaan sebesar Rp120 miliar kepada sekitar 130 nasabah perusahaan pasangan usaha (PPU).

Sejak 2009, PNM VC mengalami penataan bisnis atau "turn around". Dalam "turn around" tersebut, PNM VC memfokuskan pembiayaan kepada sektor usaha kecil, menengah dan koperasi (UKMK) dengan plafon sekitar Rp200 juta - Rp3 miliar.

Sementara itu, PNM Holding, sebagai induk perusahaan, memfokuskan pembiayaan langsung kepada pelaku usaha mikro dengan plafon sekitar Rp1 juta-Rp200 juta. (*/sun)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021