Legislator: tuan rumah Porprov ditentukan gubernur bukan KONI

id Mario Syahjohan,Porprov,KONI

Legislator: tuan rumah Porprov ditentukan gubernur bukan KONI

Anggota DPRD Sumbar, Mario Syahjohan​​​​​​​. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro (ANTARA) - Anggota DPRD Sumbar Mario Syahjohan mengatakan yang berwenang untuk menunjuk tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi adalah Gubernur bukannya KONI.

"Porprov itu merupakan kegiatan provinsi dan belum pernah penunjukan tuan rumah dilakukan oleh KONI," katanya usai menghadiri HUT Solok Selatan ke 16 di Padang Aro, Selasa.

Dia mengatakan, tim penilai kelayakan kabupaten untuk menjadi tuan rumah Porprov juga dibentuk oleh Gubernur bukannya KONI.

Kalau ada tim dari KONI, sebutnya hanya dipergunakan sebagai referensi awal oleh Gubernur sebagai pertimbangan dalam penunjukan.

"Saya berharap untuk menentukan tuan rumah Porprov 2022 tim penilai yang ditunjuk Gubernur tidak memihak tetapi memang berdasarkan kelayakan," ujarnya.

Dia menyebutkan, selama dua periode ia menjabat Ketua KONI Solok Selatan belum pernah penunjukan tuan rumah Porprov dilakukan oleh KONI dan baru kali ini terjadi.

"Itu hanya akal-akalan KONI Sumbar saja dan di dalam AD/ART KONI juga tidak ada," ujarnya.

Ketua KONI Solok Selatan Rengga Husada mengatakan, akhir 2019 pihaknya bersama KONI Kabupaten/Kota lainnya memenuhi undangan KONI Sumbar untuk pemilihan tuan rumah Porprov 2022.

"Saat itu yang ditunjuk KONI Sumbar adalah Padang Panjang dan Tanah Datar sebagai tuan rumah bersama pada 2022 dan Kota Solok 2024," ujarnya.

Dia menyebutkan, dari segi administrasi Solok Selatan paling lengkap bahkan ada fakta integritas antara Pemerintah dan DPRD serta dukungan hingga tingkat kepala jorong.