Peserta lomba memancing di BBI Gumarang Agam membludak

id berita agam, berita sumbar, manning mania

Peserta lomba memancing di BBI Gumarang Agam membludak

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto sedang melihatkan hasil tangkap salah seorang peserta, Minggu (29/12). (Antara/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Peserta lomba memancing wisata keluarga di Balai Benih Ikan (BBI) Gumarang, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (29/12), membludak dari target peserta 100 menjadi 133 orang.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubukbasung, Minggu, mengatakan antusias peserta cukup banyak pada lomba memancing itu, sehingga Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam menambah satu kolam pancing lagi.

"Sebelumnya kita hanya menyediakan tiga petak kolam untuk 100 orang, namun antusias peserta cukup banyak maka kita tambah satu petak lagi," katanya.

Ia mengatakan, peserta itu berasal dari Agam, Pasaman, Kota Bukittinggi dan Kerinci Provinsi Jambi.

Para peserta sudah berdatangan ke lokasi BBI Gumarang pada pukul 06.00 WIB.

"Masing-masing peserta mendapatkan hasil tangkapan sekitar lima sampai 10 kilogram. Bagi peserta yang mendapatkan ikan menggunakan pita warna merah diberi tabanas sebesar Rp500 ribu, pita warna kuning Rp300 ribu dan pita warna hijau Rp200 ribu," katanya.

Ia menambahkan, lomba memancing itu merupakan yang pertama diadakan oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan dan ini akan dijadikan agenda tahun.

Tahun depan, targetnya akan mengemas kegiatan lebih meriah lagi dengan peserta lebih banyak.

Tahun depan akan menyediakan 10 kolam ikan untuk lokasi memancing dan juga mengadakan festival durian.

"Sebelum memancing, peserta menikmati enaknya durian Palembayan," katanya.

BBI Gumarang salah satu destinasi objek wisata keluarga di Kecamatan Palembayan.

"Kita akan membenahi dan menata BBI itu sebaik mungkin, sehingga pengunjung akan nyaman dan ini salah satu mendukung Ayo ke Agam," katanya.