200 tim gabungan siap amankan Natal dan Tahun Baru

id pengamanan natal,pengamanan tahun baru,polres pariaman

200 tim gabungan siap amankan Natal dan Tahun Baru

Wakapolres Pariaman, Sumbar Kompol Yuhendri. (Antara/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Tim gabungan dari anggota polisi, TNI, Kesatuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan setempat yang berjumlah sekitar 200 personel dikerahkan untuk melancarkan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Kota Pariaman.

"Sebelum melaksanakan bertugas anggota telah kami bekali dengan cara bertindak," kata Wakapolres Pariaman Kompol Yuhendri di Pariaman, Kamis.

Tim gabungan tersebut akan melaksanakan operasi mulai dari 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Ia mengatakan untuk melancarkan operasi tersebut pihaknya membuat posko yang berada di Pantai Gandoriah sedangkan untuk sejumlah kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang berada wilayah hukum Polres Pariaman menjadi wilayah pantau.

Ia menyampaikan adapun lokasi pemantauan tersebut yaitu di objek wisata yang di antaranya di Sungai Limau sedangkan personel yang ditugaskan berasal dari Kepolisian Sektor setempat.

"Saat ini kami fokus pengamanan di sejumlah objek wisata untuk persiapan libur tahun baru karena di sini tidak ada tempat ibadah umat Nasrani," katanya.

Meskipun tidak ada gereja namun pihaknya mendata kemungkinan adanya umat Nasrani yang melaksanakan ibadah natal di rumah atau lokasi tertentu.

Jika ada umat Nasrani yang akan merayakan natal di daerah, lanjutnya itu maka pihaknya siap mengerahkan personel untuk pengamanan.

"Saudara kita ini pasti melapor jika melakukan kegiatan namun sejauh ini belum ada," ujarnya.

Ia menyampaikan meskipun menurutnya toleransi umat di daerah itu tinggi namun dirinya tetap mengimbau warga di daerah itu untuk menghormati umat Nasrani jika ada yang merayakan Natal.

"Mereka juga merupakan saudara kita yang merayakan hari besarnya," tambahnya.