Klub Belgia KAA Gent tetap kuasai Grup I, Braga juarai Grup K

id gent,braga,liga europa,wolverhampton,wolfsburg,saint etienee,oleksandria,slovan brastislava,besiktas

Klub Belgia KAA Gent tetap kuasai Grup I, Braga juarai Grup K

Penyerang KAA Gent Laurent Depoitre (kanan) melakukan selebrasi bersama Roman Bezus seusai mencetak gol ke gawang Oleksandria dalam laga pemungkas Grup I Liga Europa di Stadion Ghelamco Arena, Ghent, Belgia, Kamis (12/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@KAAGent)

Jakarta, (ANTARA) - Klub Belgia KAA Gent tetap menguasai Grup I sementara Braga menjuarai Grup K selepas rangkaian pertandingan terakhir fase penyisihan grup Liga Europa rampung digelar Jumat dini hari WIB.

Gent yang menjamu Oleksandria di Ghelamco Arena, Ghent, memetik kemenangan 2-1 atas tamunya berkat dwigol Laurent Depoitre, demikian catatan laman resmi UEFA.

Depoitre hanya butuh waktu 16 menit setelah sepak mula untuk mengemas kedua golnya. Gol pertama lahir dari serangan balik diakhiri tembakan jarak jauh oleh Depoitre pada menit ketujuh, lantas sembilan menit berselang ia melepaskan sepakan kaki kanan usai menerima umpan sundulan Roman Bezus.

Oleksandria baru bisa membalas pada menit ke-54 saat tembakan jarak jauh Denis Miroshnichenko bersarang ke sudut kiri bawah gawang tuan rumah.

Beruntung bagi Gent mereka sukses menjaga keunggulan 2-1 hingga laga usai sebab jika tidak mereka bisa digusur oleh VfL Wolfsburg dari puncak klasemen, sebab klub Jerman itu membukukan kemenangan 1-0 atas tamunya AS Saint-Etienne di Volkswagen Arena.

Kemenangan Wolfsburg ditentukan berkat gol Paulo Otavio pada menit ke-52 saat ia mengakhiri sebuah serangan balik dengan menyelesaikan umpan kiriman Josip Brekalo di sisi kiri kotak penalti.

Dengan kedua hasil pertandingan tersebut, Gent tetap memantapkan diri sebagai juara Grup I dengan koleksi total 12 poin diikuti Wolfsburg (11) di urutan kedua.

Baik Gent maupun Wolfsburg sudah lebih dulu lolos ke babak 32 besar, meninggalkan Saint-Etienne (4) dan Oleksandria (3).

Klasemen akhir Grup I



Selanjutnya: Ringkasan hasil Grup K
Gelandang Braga Joao Novais (kanan) berebut bola dengan bek Slovan Brastislava Jurij Medveded dalam laga pemungkas Grup K Liga Europa di Stadion Tehelne Pole, Brastislava, Slowakia, Kamis (12/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Vladimir Simicek)


Dua kali tertinggal, Braga menang 4-2

Di Grup K, Braga mengamankan status juara grup setelah dua kali bangkit dari ketertinggalan untuk menundukkan tuan rumah Slovan Brastislava dengan skor 4-2 di Stadion Tehelne Pole, Slowakia.

Tuan rumah lebih dulu unggul berkat gol Andraz Sporar pada menit ke-42, namun Braga menyamakan kedudulan melalui Fonte dua menit kemudian.

Slovan kembali memimpin ketika Mohammed Rharsalla menjebol gawang tim tamu pada menit ke-70, namun lagi-lagi keunggulan mereka hanya bertahan dua menit sebab Braga membalas lewat gol Trincao.

Tak cukup sampai di situ dua menit kemudian Braga berbalik unggul akibat gol bunuh diri Vasil Bozhikov. Braga kemudian memantapkan kemenangan mereka menjadi 4-2 lewat tandukan Paulinho pada menit ketiga injury time.

Kemenangan itu penting bagi Braga untuk mengunci posisi puncak, sebab di laga lain yang berlangsung di Stadion Molineux, Inggris, Wolverhampton melumat Besiktas 4-0.

Diogo Jota mengemas trigol dalam kemenangan tersebut dibantu satu gol lain milik Leander Dendoncker.

Pun demikian, Wolverhampton harus puas berada di posisi kedua klasemen akhir Grup K dengan raihan 13 poin di bawah Braga (16). Keduanya lolos ke babak 32 besar dan akan mengetahui lawan mereka kala pengundian dilakukan di markas UEFA pada 16 Desember.

Klasemen akhir Grup K