Kota Solok wisuda 954 penghafal Alquran

id Solok

Kota Solok wisuda 954 penghafal Alquran

Ribuan masyarakat dan pelajar mengikuti seleksi 1.000 hafizh yang diadakan Kota Solok. (Istimewa)

Solok (ANTARA) - Sebanyak 954 orang penghapal Alquran Kota Solok, Sumatera Barat akan diwisuda pada Kamis (12/12) mendatang di Kubuang Tigo Baleh dalam rangka mewujudkan Kota Solok Serambi Madinah yang masyarakatnya cinta Al-Quran.

Kabag Kesra Kota Solok Heppy Dharmawan di Solok, Sabtu mengatakan penyelenggaraan wisuda akbar 1000 hafidz ini merupakan kali pertama di Kota Solok dan cukup tinggi animo masyarakat untuk mengikutinya.

"Jumlah pendaftar melebihi ekspektasi dan target, yaitu lebih dari seribu dua ratusan," ujarnya.

Namun, setelah melewati tahapan seleksi, yang lolos sebanyak 954 orang yang dibagi menjadi 8 kelas, yaitu hafalan 1 juz, 2, 3, 4, 5, 10, 20 dan 30 juz.

Ia menyebutkan jumlah hafidz dan hafidzah dengan hafalan satu juz sebanyak 700 orang, dua juz 145 orang, tiga juz 40 orang, empat juz 20 orang, lima juz 40 orang, 10 juz 6 orang, 20 juz dua orang dan hafidz dengan hafalan seluruh isi Al-Qur'an (30 juz) yaitu satu orang.

"Kegiatan ini perdana kami laksanakan. Biasanya wisuda hafidz tetap dilakukan tapi tidak sebesar dan sebanyak ini pesertanya," ujarnya.

Kegiatan ini digagas oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota sesuai dengan visi dan misinya Kota Beras Serambi Madinah

Selain itu, sebagai bentuk dan wujud komitmen dalam mewujudkan visi misi itu, banyak aspek yang dilakukan pemerintah daerah baik berupa kegiatan - kegiatan dalam mensyi'arkan agama islam maupun peningkatan fasilitas sarana dan prasarananya.

Selama kurang lebih dua tahun Ia menjabat sebagai Kabag Kesra, setidaknya lima unit Mushalla telah dilakukan revitalisasi dan mengangkat statusnya menjadi masjid.

Sementara itu, Kabag Humas setempat, Nurzal Gustim menyebutkan pada hari wisuda 1.000 hafizh juga akan dilaksanakan tabligh akbar di Halaman Balai Kota Solok dengan ustad Ahmad Wijayanto yang merupakan seorang penceramah, da'i, dan tokoh agama.

"Setelah tabligh akbar nanti, rencananya akan langsung dilanjutkan dengan pawai arak-arakan peserta Wisuda 1.000 Hafizh dari Halaman Balai Kota Solok menuju Gedung Kubuang Tigo Baleh," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar