BPJS Kesehatan Solok salurkan bantuan untuk korban bencana di Solok Selatan

id Rizka Adhiati ,BPJS Kesehatan Cabang Solok,bantu korban banjir solok selatan

BPJS Kesehatan Solok salurkan bantuan untuk korban bencana di Solok Selatan

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Solok, Rizka Adhiati menyerahkan bantuan bencana alam yang diterima Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria. (Ist)

Solok, (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Solok, Sumatera Barat menyerahkan bantuan kepada korban banjir bandang di Solok Selatan, dan bantuan tong sampah dan pot bunga untuk kawasan wisata Saribu Rumah Gadang (SRG).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Solok, Rizka Adhiati di Solok Selatan, Selasa (3/12) ketika meninjau lokasi bencana alam yang terjadi di Pinti Kayu Gadang, Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh mengungkapkan rasa prihatin karena puluhan permukiman sudah berantakan diterjang galodo.

"Saya tidak bisa membayangkannya, sebelumnya hanya melihat di media saja. Sekarang saya langsung ke lokasi, ini sangat memilukan. Makanya, kami BPJS Kesehatan Solok datang ke Solsel untuk menyerahkan bantuan ini," kata dia.

Menurutnya, untuk bentuk bantuan pihaknya berkoordinasi dulu dengan Wali Nagari setempat, mana yang sangat dibutuhkan jelang masa tanggap darurat habis, seperti kebutuhan sandang.

Pihaknya menyerahkan bantuan berupa sembako seperti beras, telur, popok bayi, juga 25 set kasur, bantal, dan selimut.

"Mudahan 25 set kasur, bantal, dan selimut ini dapat membantu meringankan pengungsi bencana alam di Solsel, karena mereka tidak punya apa-apa lagi selain pakaian melekat dibadan pasca banjir bandang dan galodo menghadang," ujarnya.

Di lokasi bencana, Ia pun mendapat informasi korban bencana akan dipindahkan ke rumah sewaan. Pihaknya berharap agar bantuan yang disalurkan untuk segera dapat direalisasikan kepada korban bencana.

"Harapan kami bantuan ini dapat disalurkan kepada yang betul-betul membutuhkan seperti 25 KK yang rumahnya tidak bisa lagi ditempati, karena sudah rusak oleh banjir dan galodo," ucapnya.

Ia berharap bantuan ini untuk dapat segera diserahkan pihak Pemkab Solsel atau dinas terkait, sebelum pemindahan pengungsi ke rumah sewaan.

Pihaknya juga sudah menyerahkan bantuan rehab Puskesmas Pembantu (Pustu) Sungai Kunyit, ketika Kecamatan Sangir Balai janggo dihadapkan dengan kondisi gempa.

"Sebenarnya OSR dari BPJS Kesehatan disalurkan berdasarkan usulan Pemkab dan Pemkot. Di Kota Solok dan Sawahlunto juga sudah membantu sarana kebersihan dan keindahan di lokasi wisata," ujarnya

Sementara itu, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan oleh BPJS Kesehatan.

Ia berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh korban bencana di pengungsian, karena saat ini mereka tidak memiliki apa-apa kecuali dengan adanya bantuan dari semua pihak.

"Bantuan yang diserahkan BPJS Kesehatan ini, sangat dibutuhkan warga kami dipengungsian. Karena seluruh peralatan rumah tangga, sudah habis pasca bencana alam," ujarnya. (*)