118 Peserta Ikuti Minang Geopark Run 2019 di Agam

id berita agam, berita sumbar, minang geopark run

118 Peserta Ikuti Minang Geopark Run 2019 di Agam

Bupati Agam Indra Catri melepas peserta Minang Geopark Run di halaman kantor bupati itu, Sabtu (30/11). (Antara/istimewa)

Lubukbasung, (ANTARA) - Sebanyak 118 peserta mengikuti Minang Geopark Run 2019 dengan rute melewati objek wisata di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu .

Pelepasan peserta dilakukan oleh Bupati Agam Indra Catri didampingi Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Hendri Agung Indrianto di depan kantor bupati setempat di Lubuk Basung.

"Ke 118 peserta itu berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia," katanya.

Selain itu, even itu juga diikuti 250 pelajar SMP dan SMA untuk lari lima kilometer.

Peserta akan melintasi objek wisata di Agam seperti, Objek Wisata Linggai di Danau Maninjau, Lawang Park dan finis di Tabiang Takuruang di Ngarai Sianok Kecamatan Ampekkoto dengan jarak tempuh 65 kilometer.

Untuk Explore Minang Geopark Run Minggu (1/12), dilaksanakan untuk 5 K atau fun run, 10 K atau kompetisi dan 21 K atau kompetisi, internasional, umum dan master di Jam Gadang Kota Bukittinggi.

"Peserta akan lebih ramai lagi dan mudah-mudahan membawa kesan bagi peserta nantinya," katanya.

Ia menambahkan antusias peserta saat mengikuti kegiatan itu sangat tinggi sekali dan ini menandakan kegiatan itu sangat diminati.

Kegiatan itu mempromosikan objek wisata di daerah itu, karena memiliki destinasi pariwisata olahraga yang cukup bagus.

"Ada dua pemandangan pada Minang Geopark Run tahun ini yakni, pemandangan danau dan gunung," katanya.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Hendri Agung Indrianto mengatakan even itu adalah kali kedua digelar di Sumbar dan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat dan pecinta olahraga marathon.

Ia berharap even itu akan rutin dilakukan setiap tahun.(*)