Pemko Pariaman-Bank Nagari bangun rumah kreatif pasarkan produk IKM

id Bank Nagari,Rumah Kreatif UKM,pasar daring,pemkot pariaman,berita pariaman

Pemko Pariaman-Bank Nagari bangun rumah kreatif pasarkan produk IKM

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pariaman, Sumbar Gusniyetti Zaunit. (Antara/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat menggandeng Bank Nagari membangun rumah kreatif guna memasarkan produk industri kecil menengah (IKM) di daerah itu dengan memanfaatkan peran milenial yang bergerak di bidang jual beli dalam jaringan atau online.

"Rumah kreatif ini masih dalam tahap pembangunan yang lokasinya di depan rumah tabuik dekat Kantor Wali Kota Pariaman," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan di rumah kreatif tersebut kaum milenial akan menjalin kerja sama dengan pelaku IKM untuk memasarkan produk yang dihasilkan.

Untuk itu, lanjutnya produk IKM yang dihasilkan oleh pelaku usaha akan dipajang di rumah kreatif tersebut sehingga dapat difoto oleh kaum milenial guna dipasarkan melalui dalam jaringan.

"Jadi kaum milenial ini hanya mempromosikan dengan memanfaatkan hobinya yang suka main gawai," katanya.

Menurutnya peluang promosi melalui dunia digital saat ini jauh berkembang pesat dari pada membuka usaha di toko sehingga pihaknya memanfaatkan milenial Kota Pariaman untuk dapat menggunakan peluang tersebut untuk mencari uang.

"Dari pada main gawai tapi tidak produktif, lebih baik berdagang kan ada yang dihasilkan," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya akan mengundang komunitas milenial serta mahasiswa untuk melihat rumah kreatif tersebut sehingga diharapkan mau memasarkan produk IKM di Kota Pariaman serta menjadi wirausaha.

Pihaknya pun akan menghadirkan pakar perdagangan atau yang menguasai perdagangan di dunia digital di rumah kreatif tersebut untuk berbagi ilmu kepada milenial yang tertarik jual beli dalam jaringan.

Ia menyampaikan saat ini banyak produk IKM yang potensial untuk dipasarkan oleh kaum milineal yaitu mulai dari makanan hingga kerajinan tangan yang rasa dan kualitasnya tidak perlu diragukan.

Sementara itu, Pimpinan Bank Nagari Cabang Pariaman Rivaldi mengatakan pihaknya membantu dalam hal melengkapi sarana untuk rumah kreatif senilai Rp50 juta.

"Ini merupakan kegiatan positif yang dapat meningkatkan ekonomi pelaku IKM di Pariaman," ujar dia.

Apalagi, kata dia rumah kreatif tersebut melibatkan kaum milenial sebagai pihak yang memasarkan produk IKM melalui dunia digital yang saat ini peluang pemasarannya besar.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar