Pelayanan publik pemkab Agam semakin membaik

id Agam, pelayanan publik, disdukcapil,Disdukcapi, lubukbasung, sumatera barat, padang

Pelayanan publik pemkab Agam semakin membaik

Petugas Disdukcapil Kabupaten Agam sedang melayani pengurusan dokumen kependudukan. (Ist)

Lubukbasung (ANTARA) - Pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Kabupaten Agam, Sumateta Barat, semakin membaik setiap tahunnya berkat adanya inovasi di setiap organisasi perangkat daerah setempat.

Bukan itu saja, bangunan pelayanan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga telah banyak di renovasi dan ditata sebaik mungkin sehingga masyarakat menjadi nyaman saat melakukan pengurusan.

Tokoh masyarakat Agam, Epi Suhardi mengatakan pembangunan Lubukbasung sebagai pusat pemerintahan sangat pesat selama delapan tahun kepemimpinan Indra Catri sebagai Bupati Agam.

Lokasi bermain untuk anak-anak, lokasi olahraga, trotoar, jalan, taman dan lainnya sudah tersedia atau dibangun di Kecamatan Lubukbasung.
Staf Disdukcapil Kabupate Agam benahi taman. (Ist)
"Pembangunan Lubukbasung sangat tercelak yang tertata dengan baik seperti komplek perguruan tinggi," katanya.

Dengan pembangunan itu, tambahnya, pelayanan kepada masyarakat setempat akan maksimal terutama di bidang dokumen kependudukan, izin usaha dan lainnya.

Khusus pelayanan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, pembenahan dan penataan kantor pelayanan itu sudah begitu membaik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Misran menambahkan renovasi pusat pelayanan, lokasi parkir, halaman, taman dan lainnya sudah ditata sebaik mungkin.

Bahkan di lokasi parkir, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk mengatur kendaraan roda dua dan empat milik warga.
Kantor Disdukcapil Kabupaten Agam. (Ist)
Dengan kondisi itu, masyarakat menjadi nyaman saat mengurus dokumen kependudukan ke dinas tersebut.

"Semua pelayanan gratis atau tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun untuk biaya parkir maupun dokumen kependudukan," katanya.

Salah seorang warga Agam, Hedrison mengakui pelayanan di Disdukcapil Agam sangat bagus dan pihaknya menjadi nyaman saat mengurus dokumen kependudukan.

Renovasi yang telah dilakukan Disdukcapil Agam sudah sesuai standar pelayanan yang ada, sehingga masyarakat tidak butuh waktu dalam pelayanan.

Selain itu, pengurusan dokumen kependudukan juga bisa diurus dua sampai tiga dokumen satu hari.

"Pengurusan itu hanya membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit," kata warga Palembayan itu.
Ketua Komisisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Agam Syaflin. (Ist)
Tempat terpisah, Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Agam, Syaflin berharap Diadukcapil Agam terus melakukan pembenahan dan melahirkan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi dan dukungan kepada Disdukcapil Agam dalam membenahi dan melahirkan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Selama ini, tambah politisi PAN Disdukcapil telah melakukan inovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara membuka kantor layanan di Belakang Balok untuk pengurusan dokumen kependudukan bagi warga Agam wilayah timur.

Selain itu menurunkan tim dalam melayani dokumen kependudukan di kantor nagari, kecamatan, sekolah dan lainnya.
Kantor Bupati Agam. (Ist)