Sempat vakum, alek pacu kuda kembali digelar di Padang Panjang

id Pacu Kuda,Alek Pacu Kuda,Padang Panjang,Bancah Laweh

Sempat vakum, alek pacu kuda kembali digelar di Padang Panjang

Ilustrasi. (Antara Sumbar/Taufan Razak)

Padang Panjang (ANTARA) - Setelah sempat vakum selama beberapa tahun, Padang Panjang kembali menggelar alek pacu kuda di gelanggang pacu kuda Bancah Laweh, pada 27 dan 28 Oktober 2019.

"Pacu Kuda Open Race dan Alek Anak Nagari akan kembali digelar di Padang Panjang. Bagi masyarakat yang sudah rindu dengan kegiatan ini bisa segera terobati," kata Ketua Harian Pengurus Cabang Pordasi Padang Panjang, Fedri di Padang Panjang, Jumat.

Ketua pelaksana kegiatan Zulfikri menambahkan pihaknya bersama pemerintah daerah setempat telah sejak jauh hari melakukan persiapan agar pacu kuda bisa digelar kembali di Padang Panjang setelah vakum cukup lama.

Kepala daerah setempat juga sudah berkunjung ke daerah di Sumbar yang rutin menggelar alek pacu kuda untuk memperoleh informasi mengenai pelaksanaannya.

Pacu kuda tidak hanya sebuah olahraga namun menjadi wadah silaturahim serta mempertahankan nilai-nilai budaya dan dapat mengangkat ekonomi warga setempat terutama selama penyelenggaraannya.

Ia mengajak masyarakat khususnya warga Padang Panjang, Kecamatan Batipuh dan Sapuluah Koto untuk meramaikan acara yang akan digelar bulan depan tersebut.