SMKN 1 Painan pupuk budaya demokrasi melalui pemilihan OSIS

id SMKN 1 Painan,Pemilihan Osis

SMKN 1 Painan pupuk budaya demokrasi melalui pemilihan OSIS

Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan ikut berpartisipasi dalam pemilihan pengurus OSIS secara langsung. (ANTARA/Istimewa)

Painan (ANTARA) - SMKN 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memupuk budaya demokrasi di sekolah tersebut melalui pemilihan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara langsung.

"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa di SMKN 1 Painan termasuk juga para guru," kata Kepala SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan di Painan, Jumat.

Tahapan kegiatan tersebut dimulai dari penjaringan calon pengurus, penyampaian visi dan misi hingga debat secara terbuka.

"Alhamdulillah siswa cukup antusias mengikuti kegiatan ini, kami yakin kegiatan ini akan berdampak positif terhadap perkembangan mereka," imbuhnya.

Menurutnya selain merupakan bagian dalam upaya memupuk budaya demokrasi kegiatan tersebut juga menumbuhkan banyak nilai positif mulai dari berani mengutarakan pendapat, menghargai teman sebaya, percaya diri dan lain sebagainya.

"Kegiatan ini akan kami gelar untuk waktu-waktu yang akan datang, sehingga pengurus OSIS yang terpilih merupakan siswa-siswa yang merepresentasikan teman-temannya," katanya lagi.

SMKN 1 Painan merupakan salah satu sekolah kejuruan favorit di Pesisir Selatan, berbagai inovasi terus dikembangkan di sekolah tersebut salah satunya ialah menjalin kerjasama dengan sebuah perguruan tinggi asal Malaysia.

Terhitung semenjak awal 2019 SMKN 1 Painan telah menjalin kerja sama dengan East West International College yang merupakan sebuah perguruan tinggi asal Malaysia.

Kerja sama tersebut menjembatani lulusan SMKN 1 Painan untuk bekerja sembari melanjutkan pendidikan di kampus tersebut, untuk bisa ikut serta pelajar yang dinyatakan lulus mesti mengikuti pelatihan khusus selama enam bulan sebagai persiapan sebelum diberangkatkan.