UNP sediakan beasiswa Bidikmisi bagi 20 mahasiswa asal Pasaman

id berita padang, berita terkini, berita sumbar,artikel wisuda

UNP sediakan beasiswa Bidikmisi bagi 20 mahasiswa asal Pasaman

Bupati Pasaman Yusuf Lubis foto bersama dengan Rektor UNP Ganefri dan wakil Rektor usai menandatangani MoU dengan UNP.  (Antara/Agung Pambudi)

Padang. (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) pada tahun ajaran 2020 akan menyediakan beasiswa Bidikmisi bagi 20 orang mahasiswa asal Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

"Ini bagian dari kerjasama kami dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam hal peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana daerah ini cukup rendah dibandingkan daerah lain," kata Rektor UNP, Ganefri pada pelaksanaan hari kedua wisuda ke 116 UNP di Padang, Minggu.

Ia menjelaskan, angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Pasaman sebelumnya, 7,3 tahun naik saat ini menjadi 7,8 tahun. kenaikan tersebut secara nasional memang cukup baik.

Tapi kata Ganefri, banyak terobosan yang bisa dibuat untuk percepatan Indeks Pembangunan Manusia di Pasaman supaya bisa lebih tinggi. Salah satu kuncinya adalah pada sektor pendidikan pada pengembangan sumber daya manusianya.

"Kabupaten Pasaman saat ini fokus pada pengembangan kualitas dari pada sumber daya manusianya, itu langkah yang strategis karena salah satu dasar pembangunan IPM adalah pendidikan," katanya.

Pemberian Beasiswa Bidikmisi bagi 20 mahasiswa asal Kabupaten Pasaman pada tahun ajaran 2020 sebutnya diharapkan menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan SDM dan Indek pembangunan manusia.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap kerjasama dan bantuan beasiswa bidikmisi tersebut serta keinginan UNP dalam hal membantu peningkatan pembangunan manusia di daerahya.

"Saya akan keliling di 12 kecamatan di Pasaman untuk memantau dan menemukan mahasiswa terbaik dan sesuai dengan kriteria penerima beasiswa," kata Yusuf Lubis yang pada kesempatan itu juga ikut memberikan sambutan pada kegiatan Wisuda ke 116 UNP.

Ia mengakui, pendidikan di Kabupaten Pasaman masih rendah dibandingkan dengan daerah lainya di Sumbar. Untuk itu kerjasama dengan UNP dalam hal pendidikan dapat menjadi faktor peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar