DPD BM PAN se-Sumbar Gelar Musda Bersama

id Pan,Bm pan

DPD BM PAN se-Sumbar Gelar Musda Bersama

Photo bersama DPW BM SUMBAR dengan Ketua-ketua DPD BM se-Sumbar serta salah satu unsur Ketua DPP BM PAN Satria Chaniago. (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang (ANTARA) - DPW Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Provinsi Sumatera Barat menggelar Musyawarah Daerah (Musda) bersama seluruh DPD BM PAN se-Sumbar, Sabtu (31/8) di Rumah Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar, Jalan Ulakkarang, Padang.

Sekretaris DPW BM PAN Sumbar, Febriyadi Abink mengatakan Musda dilaksanakan sebagai langkah konsolidasi BM PAN se-Sumbar, sesuai dengan arahan DPP BM PAN.

Mekanisme musda pemilihan DPD BM PAN kabupaten kota se-Sumbar dilaksanakan dengan cara rekomendasi nama-nama Calon Ketua DPD BM PAN dari Ketua DPD PAN kabupaten kota se-Sumbar. Jadi saat musda, tinggal melakukan penetapan terhadap nama-nama calon ketua yang telah direkomendasikan.

Mekanisme itu bertujuan agar Ketua DPD BM PAN se Sumbar bisa sinergi dengan PAN nantinya.

BM PAN merupakan organisasi sayap PAN. Sebagai organisasi underbow partai, BM PAN seharusnya menjadi Kawah Candradimuka bagi kader PAN yang muda dan menjadi kader muda PAN, untuk lebih memahami makna dan peluang dalam politik.

Menurutnya, saat ini kader BM PAN di Sumbar, cukup banyak yang mendapat amanah sebagai wakil rakyat. Boleh dikatakan kader BM PAN di Sumbar dalam skala besar merupakan caleg yang sudah jadi.

“Karena itu kader BM PAN di Sumbar, diminta untuk memberikan kontribusi aktif membina kader BM PAN yang menjadi cikal bakal politisi PAN,” katanya.

Ketua DPW BM PAN Sumbar, Yoga Nirwazi mengatakan, pemilihan Ketua DPD BM PAN 19 kabupaten kota di Sumbar ini, sebagai wujud tanggungjawab moral DPW BM PAN Sumbar, dalam menyinergikan seluruh kader BM PAN untuk persiapan menghadapi pilkada 2020.

“Kita ingin sinergikan seluruh kader BM PAN untuk persiapan menghadapi konstilasi pilkada di 13 kabupaten kota dan Pilgub Sumbar 2020,” ujarnya.

Yoga berharap, agar kader BM PAN kabupaten kota turut andil menyukseskan terpilihnya kader PAN nanti pada pilkada 2020. Dengan demikian PAN diharapkan mendapatkan posisi terbaik di Sumbar.

“Dengan konsolidasi yang kita lakukan, kita harapkan kader-kader BM PAN dapat lebih bergerilya hadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

Yoga mengungkapkan, saat ini cukup banyak Ketua DPD BM PAN di kabupaten kota di Sumbar yang ikut bertarung dalam pilkada.

Ketua DPP BM PAN Satria Chaniago mengatakan, mekanisme pemilihan ketua di BM PAN didasari oleh usulan calon-calon dari bawah hingga ditetapkan melalui musda.

Satria berharapan BM PAN Sumbar bisa menjadi besar bagi anak-anak muda Minangkabau. Apalagi tahun 2020 Indonesia mengalami bonus demografi, sehingga persentasi anak-anak muda sangat besar di Indonesia dan Sumbar untuk menunjang pembangunan di Indonesia.

Menurutnya, secara nasional, BM PAN yang di dalamnya terdiri dari anak anak muda mensuport partai. Saat ini, BM PAN sudah terbentuk di seluruh provinsi. “Sekitar 70 persen, BM PAN sudah hadir di kabupaten kota dan 30 persen di tingkat kecamatan,” ujarnya.*
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar