Pemkab Pasamangelar Bimtekevaluasi jabatan, perbaiki citra ASN

id ASN,Pasaman, Yusuf Lubis

Narsum Bimtek Evaluasi Jabatan, dari BKN Kanreg Pekanbaru saat memberikan materi. (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN), sebagai abdi negara harus mampu menjadi pengayom dan pelayan masyarakat sehingga perlu dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk memperbaiki citra ASN.

Setiap ASN juga diminta paham mengenai tugas, pokok dan fungsinya sebagai bagian yang menjalankan pemerintahan, kata Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pasaman, Djoko Rifanto pada 22 Agustus 2019 di Lubuk Sikaping.

Menurutnya, dengan adanya pelaksanaan Bimtek Evaluasi Jabatan itu dapat memberikan gambaran kepada para aparatur Negara untuk bekerja sesuai dengan bidang yang ditempatinya, sekaligus memperbaiki citra aparatur Negara selaku pelayan masyarakat.

"Caranya bagaimana, ya dengan menumbuhkan kinerja aparatur dan budaya kerja untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Kegiatan ini merupakan rangkaian besar dari reformasi birokrasi Pemkab Pasaman," katanya.

Djoko meminta para peserta Bimtek Evaluasi Jabatan supaya serius mengikutinya setiap rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Sehingga dapat diterapkan di tempat kerja masing-masing. Baik disetiap OPD maupun di Pemerintahan Kecamatan.

"Landasan hukum pelaksanaan kegiatan ini ada dalam Permenpan RB Nomor 34 Tahun 2011 dan Nomor 63 Tahun 2011 serta Peraturan Kepala BKN Nomor 21 Tahun 2011," ungkap mantan Kabag Administrasi Pemerintahan ini.

Evaluasi jabatan,hakekatnya diharapkan dapat terpenuhi tuntutan kebutuhan untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi serta profesionalisme SDM aparatur yang memadai pada setiap perangkat daerah.

Selain itu, mampu melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan secara lancar dengan dilandasi semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Tampil sebagai narasumber, Wisudo Putro Nugroho dan Puskas Muji Widodo, dari Kantor BKN Regional XII Pekanbaru, Riau. Peserta, para pejabat eselon IV dan Operator dari masing-masing OPD, para Kabag dan Kasi ditiap kecamatan di Kabupaten Pasaman.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar