Pesisir Selatan tuntaskan jalan lingkar Carocok-Painan 2020

id Jalan Lingkar,Painan-Carocok,Pesisir Selatan,Hendrajoni

Bupati Hendrajoni ketika meninjau jalan lingkar objek wisata Pantai Carocok Painan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni bakal menuntaskan pembangunan jalan lingkar objek wisata Pantai Carocok Painan sepanjang 1,7 kilometer pada 2020.

"Total panjang jalan ini sekitar 2,7 kilometer, dan sekitar satu kilometer sudah diaspal. Sisanya diaspal pada 2020," kata Bupati Hendrajoni ketika meninjau lokasi, Rabu.

Ia menambahkan tidak ada kendala dalam pelaksanaanya, kondisi terkini sudah tahap pengerasan namun karena terkendala anggaran akhirnya tidak kunjung dituntaskan.

Setidaknya, sambungnya dibutuhkan anggaran hingga Rp4 miliar untuk menuntaskan jalan tersebut.

"Dengan nanti selesainya jalan lingkar ini maka keindahan wisata bahari di sekitar objek wisata Pantai Carocok Painan lebih leluasa di eksplorasi oleh wisatawan," sebutnya.

Selain itu, jalan tersebut juga akan digunakan untuk mengurai kemacetan saat kunjungan ke objek wisata Pantai Carocok Painan membludak terutama pada saat libur sekolah, akhir tahun dan libur lebaran.

Objek wisata Pantai Carocok Painan merupakan salah satu objek wisata andalan di Pesisir Selatan selain Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Jembatan Akar dan lainnya.

Berbagai wahana air bisa dijajal di sana mulai dari banana boat, speed boat. Selain itu juga tersedia jasa sewa peralatan menyelam sehingga wisatawan leluasa menikmati indahnya terumbu karang yang lengkap dengan ikan-ikan kecil yang berwarna cantik.

Berikutnya lokasi juga terhubung dengan Pulau Cingkuak, pulau ini unik karena terdapat puing-puing Benteng Portugis.

Pasir Pulau Cingkuak putih sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktu bermain pasir di sana, sementara Benteng Portugis kerap dijadikan sebagai lokasi berswafoto atau berfoto bersama.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar